Hujan Mewarnai Syuting Catatan Hati Seorang Istri

Syuting sinetron Catatan Hati Seorang Istri, pekan latu berlangsung lancar di tengah keramaian publik. Syuting yang mengambil lokasi syuting di Cilandak Mal, Jakarta Selatan itu dipenuhi banyak pengunjung. Mereka bukan hanya asyik menonton jalannya syuting, tetapi juga antusias bertemu sejumlah bintang yang memerankan sinetron terbaru SinemArt Production itu. Banyak cerita yang terjadi pada waktu itu. Seperti apa kisahnya?

Rabu (11/6) sekitar pukul 15.00 WIB, syuting sinetron stripping Catatan Hati Seorang Istri berlangsung di dua tempat. Lokasi pertama dilakukan di sebuah mat di kawasan Citandak, Jakarta Selatan.

Di sini, adegan yang diambil melibatkan sejumlah pemain sinetron kondang Baim Wong, Ana Pinem, Alexandra Gottardo, Rina Hasyim, dan Ashraf Sinclair. Sedangkan, sisa pemain lainnya, menjalani syuting di sebuah lokasi syuting di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Sama seperti sinetron lainnya yang tayang setiap hari, setiap syuting satu episode produser membagi dua tim yang menangani pengambilan gambar. Maklumlah, biasanya pengemasan satu episode sinetron dilakukan sehari sebelumnya. Jadi syuting hari ini yang 'dibungkus' hingga tengah malam, siap ditonton pemirsa keesokan harinya.

Berhubung melakukan syuting di area publik, maka gerak-gerik sejumlah pemain dan kru yang bertugas pun agak tersendat ketika ingin berpindah tempat. Belum lagi sejumlah masyarakat yang ingin sekadar berfoto bersama dengan idolanya.

Karena sinetron yang diproduksi oleh SinemArt berjenis kejar tayang (stripping), maka sejumlah kru benar-benar dituntut bekerja secara cepat dan maksimal. Mereka setiap hari terbiasa bekerja efisien menyiapkan alat-alat keperluan syuting, seperti tripod, televisi monitor, lighting, kamera video, dan lainnya.

Sementara itu, sejumlah pemain pun terlihat serius untuk membaca naskah yang diberikan oteh sutradara. Alexandra Gottardo contohnya, perempuan yang berperan sebagai Sofie ini, dalam sinetron tersebut sibuk menghafal dialog sambil menyeruput segelas jus buah.

Serius Jadi Becanda

Sandra, nama panggilan Alexandra Gottardo mengaku senang bisa terlibat dalam sinetron yang skenarionya diadaptasi dari novel best seller karya Asma Nadia itu. Lawan mainnya yang rata-rata artis kondang, juga menjadi faktor lain, Sandra bangga bisa bermain dalam sinetron yang ditayangkan RCTI setiap pukul 19.30 WIB ini.

Suasana syuting yang menyenangkan dirasakan oleh Sandra setiap hari. Misalnya, syuting yang digelar Rabu pekan lalu. Sandra rupanya harus beradegan satu frame dengan Baim Wong. Karena saking tekunnya menghafal dialog dengan ekspresi serius, datang ulah jahil Baim menggoda Sandra.

Tiba-tiba, aktor bernama lengkap Muhammad Ibrahim (nama asli Baim Wong) ini, mengambil sandal yang sedang dikenakan oleh wanita kelahiran Malang, 9 Januari 1985 tersebut. "Serius amat sih," ujar Baim sambil tertawa. Sandra hanya bisa mesem.

Para artis memang tak boleh tegang dan stres menghadapi situasi apapun di lokasi syuting. Karena adegan bisa saja diambil di lokasi manapun, termasuk mal. Para pemain pun harus langsung menyesuaikan diri agar persiapan syuting berjalan maksimal. Misalnya, Baim yang tak sungkan bercermin merapikan wajahnya di cermin yang terdapat di dalam mal.

Tak lama kemudian, Ashraf Sinclair datang menyusul ke lokasi syuting, sambil bertegur sapa ke sejumlah pemain dan kru yang ada saat itu. Tiba-tiba, di luar mal terdengar suara dentuman halilintar yang sangat keras. Kejadian ini tentu membuat pengunjung, pemain, dan kru merasa kaget.

Suara halilintar pada umumnya menandakan pertanda hujan akan segera turun. Ternyata benar, hanya selang beberapa menit, hujan pun turun dengan derasnya. Suara guyuran hujan sempat sedikit mengganggu jalannya syuting Catatan Hati Seorang Istri, karena suara air hujan yang turun terdengar sampai ke dalam mal.

Alhasil suara pemain yang syuting pun nyaris tenggelam oleh suara air yang jatuh di atap mal. Jalannya syuting sempat terhenti. Sutradara tak mau ambil risiko suara dialog tak maksimal terekam. Untung saja, hujan tak berlangsung lama. Proses syuting bisa berjalan dengan lancar kembali.

Syuting yang berlangsung di hari itu, menjadi berkah sendiri bagi penjual arloji. Ceritanya, ada sebuah adegan di lantai mal paling atas, tepatnya dilakukan di depan toko arloji. Di sana, Rina Hasyim melakukan adegan dengan Ana Pinem. Setelah adegan selesai, sutradara mengarahkan kru dan pemain untuk segera berpindah ke lantai dasar.

Namun, Rina Hasyim menyempatkan terlebih dahulu masuk ke dalam toko arloji dan membeli jam tangan yang disukainya. Setelah itu, barulah artis kawakan ini menuju ke lantai dasar melanjutkan syuting scene berikutnya. Aktris senior ini sempat-sempatnya shopping di sela-sela syuting.

 

(Cek & Ricek, Edisi 826, 25 Juni - 1 Juli 2014)