Tantangan Oka Antara di Catatan Hati Seorang Istri

Dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri (CHSI) yang tayang setiap hari di RCTI, Oka Antara berperan sebagai Rudolf, suami Anisa (Intan Nuraini). Karakter Rudolf adalah pria yang sangat temperamental. Namun di satu sisi dia sangat mencintai istri dan anaknya.

Dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri, Rudolf digambarkan sebagai tokoh antagonis. Itulah yang membuat Oka merasa tertantang menerima tawaran peran dalam sinetron yang ditayangakn RCTI setiap malam itu.

"Biasanya saya menerima peran protagonis di film, sinetron atau FTV. Ini tantangan yang menarik. Makanya tanpa pikir panjang saya terima tawaran SinemArt," kata Oka saat ditemui di lokasi syuting Catatan Hati Seorang Istri, di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Meskipun dalam sinetron garapan SinemArt Production itu, Rudolf digambarkan sebagai pria yang kasar dan temperamental, namun dalam adegan Oka tak harus melakukan kekerasan dalam aktingnya melawan Intan Nuraini, yang berperan sebagai istri nya.

"Di sinetron ini enggak ada adegan memukul. Memang Rudolf orangnya temperamental. Jadi kalau ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan harapannya dia akan bertindak kasar. Ya secara verbal," ungkap pemilik nama lengkap Nyoman Oka Widnupadha Antara ini.

Sikap temperamental Rudolf disebabkan karena ia punya masalah pribadi, terkadang di lingkungan kerja dia punya masalah. Ketika sampai di rumah energi negatif dari Rudolf keluar, karena dia punya masalah pribadi atau masalah latar belakang dia sejak kecil sehingga ia sering marah-marah bahkan mengeluarkan kata-kata yang menyakiti perasaan istrinya.

"Di sinetron CHSI memang tidak diceritakan Rudolf kerjanya apa, tetapi dia suka bermain judi dan itu akhimya yang membuat dia jadi terlilit utang," kata Oka.

Bagi Oka memerankan karakter Rudolf bukanlah hal yang mudah, inilah yang membuat Oka merasa tertantang. "Ketika saya ditawari peran Rudolf saya enggak perlu pikir dua kali, karena peran ini bisa menantang diri saya buat menyelami karakter yang rumit. Sebetulnya penonton kadang bisa melihat dia jahat pada istrinya tetapi di lain episode tertentu dia bisa kelihatan sayang. Kayaknya Rudolf memendam sesuatu," kata Oka.

Lawan Main dan Sutradara

Lawan main utama Oka Antara dalam Catatan Hati Seorang Istri adalah Intan Nuraini, yang berperan sebagai Anisa. Meski baru pertama kali beradu akting dengan Intan, Oka sudah merasa sangat nyaman.

"Saya baru sekali main sinteron sama Intan, menurut saya dia salah satu aktris perempuan yang sudah cukup matang di sinetron," kata Oka. Bagi Oka, Intan adalah partner yang sangat menyenangkan. "Seru juga beradu akting sama Intan, karena dia sudah berpengalaman. Jadi saya bisa sharing dengan dia. Seru karena bisa diajak tukar pikiran soal akting," ujar aktor kelahiran 8 Juli 1980 ini.

Untuk mendalami karekter Rudolf, Oka juga banyak bertukar pikiran dengan Maruli Ara, sutradara sinetron tersebut. "Saya selalu mengikuti instruksi dia, karena dia lebih tau bagaimana caranya bikin peran antagonis ini kelihatan menarik tetapi dari sisi sinetron, jadi konfliknya bisa memuncak dengan bagus," katanya.

Menurut Oka, memerankan tokoh antagonis di film layar lebar berbeda dengan memerankan tokoh antagonis di sinetron. "Antagonis di sinetron itu lebih susah. Perbedaannya, peran antagonis di film, bisa main di bawah permukaan dan kalem. Akan tetapi kalau di sinetron kadang harus ada yang didramatisir, saya enggak -terbiasa, jadi sering diingatkan sutradara," papar ayah satu anak ini.

Sesuaikan Pembawaan Rudolf

Meskipun sudah terbiasa berakting di FTV dan membintangi beberapa film layar lebar di antaranya, Ayat-Ayat Cinta, Sang Penari, Killers, dan The Raid 2, bagi Rudolf bukanlah hal yang mudah untuk menyelami suatu karakter yang diperankan. "Sulit bagi saya untuk sesuaikan pembawaan si Rudolf, karena dia misterius banget orangnya," kata Oka.

Catatan Hati Seorang Istri bercerita tentang tiga keluarga yang hidupnya bertetanggaan di suatu kompleks perumahan. Akan tetapi si Rudolf ini yang paling jarang kelihatan dibandingkan dengan yang lain. Hal ini dikarena-kan Rudolf selalu berada di luar rumah, tetapi sekalinya ada di rumah, di lingkungan perumahan itu, Rudolf santer dikenal sebagai pribadi yang kasar.

Namun bagi Oka, di situlah daya tarik Rudolf dalam sinetron yang ceritanya diadaptasi dari novel berjudul sama. "Karakter Rudolf itulah yang juga bisa membuat cerita sinetron ini menarik. Bagaimana caranya dia kelihatan kasar dan ofensif, tetapi di lain sisi, dia termasuk sosok misterius yang tidak diketahui apa motif yang menjadi latar belakang dia seperti itu," kata Oka.

Selain itu, menurut Oka yang menarik dari sinetron ini adalah cerita dan konflik di tiga rumah tangga yang bisa berjalan berbarengan dan saling mengisi satu sama lain. "Kadang-kadang kalau kita menonton sinetron, cuma konflik sehari dan satu episode itu selesai. Sedangkan di Catatan Hati Seorang Istri, konfliknya berkesinambungan, panjang. Jadi benar-benar harus ditonton dari hari ke hari karena konflik ini belum selesai itulah yang menarik." kata Oka.

 

(Cek & Ricek, Edisi 830-831, 23 Juli - 5 Agustus 2014)