Miller Khan : Dokter Vincent yang Mengayomi

Selalu ada kesan tersendiri di setiap peran yang dimainkan Miller Khan, termasuk karakter Dokter Vincent yang dimainkannya da lam sinetron Aisyah Putri: Jilbab in Love. Gara-gara bermain sinetron yang diputar RCTI setiap malam itu, aktor asal Malaysia ini jadi memiliki pengetahuan tentang pengobatan herbal. Lantas apa tantangan Miller berakting sebagai seorang dokter?

Ketika Bunda (Henidar Amroe) jatuh sakit, gara-gara lid (Allif Alii) bandel, Bunda tidak perlu berobat ke dokter. Karena salah seorang anaknya, Vincent (Miller Khan) adalah seorang dokter, yang juga menekuni pengobatan herbal.

Vincent (Miller Khan) merupakan anak pertama Bunda. Sebagai anak sulung, Vincent selalu berusaha membantu memecahkan persoalan keluarga yang dihadapi Bunda. Terutama ketika mengatasi perilaku keempat adiknya.

Misalnya ketika lid pergi dari rumah dan tinggal bersama pacarnya Bianca (Salshabilla Adriani). Atau ketika Aisyah Putri (Anna Gilbert) merasa sedih karena sering dimarahi Bunda.

Bunda yang selalu menanamkan ajaran agama pada anak-anaknya teritu saja merasa terpukul melihat perjlaku lid. Meskipun pada kenyataannya lid di rumah Bianca justru untuk berjihad mengajarkan salat pada Bianca. Tetapi tetap saja orang lain menganggapnya negatif.

Dengan sejumlah warna-warni cerita sinetron ini, Miller mengaku senang memainkan sosok Dokter Vincent. Apalagi dokter tampan ini memiliki persoalan yang tak jauh berbeda dengan yang dihadapi Miller sehari-hari.

"Karakter Vincent itu ya. Miller. Tantangan dia mirip dengan yang saya hadapi sehari-hari. Di rumah saya juga anak sulung. Ayah kandung meninggal dan saya memiliki banyak adik. Jadi tidak kesulitan berakting menjadi kakak tertua, hahaha," ungkapnya saat ditemui di lokasi syuting sinetron Aisyah Putri: Jilbab in Love di  kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu (26/11).

Observasi

Meski jalan hidup Dokter Vincet nyaris sama dengan pribadi Miller, tetapi Miller tetap harus observasi dulu sebelum berakting. Paling tidak dia harus bisa memahami gesture dan bagaimana pribadi seorang dokter. "Aku ingin menghayati peran ini. Bam kali ini aku dapat peran sebagai dokter. Jadi aku enggak mau mengecewakan pemirsa," tandas mantan kekasih artis Arumi Bachsin ini.

Hasilnya, akting Miller dalam sinetron Aisyah Putri: Jilbab in Love terlihat natural. Bahkan Miller sanggup beradu akting dengan baik bersama aktris senior Henidar Amroe. Ilmu akting Miller pun bertambah, termasuk ilmu agama. Dalam salah satu episode, Dokter Vincent diceritakan melakukan taaruf (pendekatan ala Islami-red) pada Arumi (Meyda Sefira). "Nah, gara-gara episode itu, aku baru tahu yang namanya taaruf. Islam indah ya," katanya.

Gara-gara episode itu pula, pemain film Cintapuccino itu berniat melakukan taaruf pula pada seorang gadis yang sudah diincamya, seperti adegan yang pernah dilakukan Vincent. "Aku ingin taaruf juga nih. Umur sudah 27 tahun nih. Aku pengen banget menikah," katanya sambil terkekeh.

Sinetron Aisyah Putri:Jilbab in Love memang istimewa bagi Miller. Gara-gara bermain sebagai Dokter Vincent, Miller menjadi memiliki pengetahuan tentang pengobatan herbal. Misalnya waktu mengobati Bunda yang sakit. Ada dialog Dokter Vincent meminta Bunda meminum air rebusan kunyit.

"Dari situ aku jadi tahu, ternyata kunyit bisa untuk menambah darah dan mengobati sakit mag. Begitu juga ketika ada adegan Dokter Vincent mengobati Harap (Fariz Nahdi) ketika sakit batuk. Dokter Vincent anjurkan meminum air kencur. Aku baru tahu kencur banyak manfaatnya untuk kesehatan," kata Miller.

Di sisi lain Miller juga bersyukur, dalam sinetron Aisyah Putri: Jilbab in Love, ia dipertemukan dengan adik kandungnya Allif Alii Khan. Jika sebelumnya Alii tinggal di Malaysia, maka selama dikontrak untuk . menjalani syuting sinetron ini, Alii dan Miller jadi tinggal serumah di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Enaknya kalau aku dan Alii main bareng, di rumah kami bisa reading bersama. Aku kan lebih senior dari Alii. Jadi dia suka bertanya cara untuk menghafalkan dialog yang panjang. Kadang juga bertanya agar bisa berakting menangis," kata Miller.

Keuntungan kakak dan adik tinggal satu rumah ini, karena Alii hobi memasak, tentunya Miller jadi ada yang memasakan makanan setiap hari. "Kakak menjaga adik. Ya adik masakin makanan untuk kakak dong, hahaha." Kata Miller.

 

(Cek & Ricek, Edisi 849, 3-9 Desember 2014)