Samuel Zylgwyn : Berdialog Betawi

 

 

Jangan kaget bertemu dengan Samuel Zylgwyn di lokasi syuting sinetron Berkah, di studio Persari, Jagakarsa. Belakangan, di lokasi syuting, Samuel selalu mengenakan baju koko dan berkopiah. "Kayak Pak Lurah ya? Sebenarnya di sinetron ini saya jadi preman kampung yang insyaf," ungkap aktor ini sambit cengengesan.

Menurut aktor berdarah Jawa-Jerman ini, dirinya tidak pernah membayangkan bakal mendapat tawaran seperti ini. Awalnya, Samuel menduga ia bakal menjadi preman yang banyak melakukan adegan fighting.

"Ternyata di episode pertama saja ada adegan sebagai jagoan. Setelah itu saya jadi preman insyaf, enggak ada berantemnya. Ke mana-mana mengenakan kopiah," katanya sambil terkekeh.

Berperan sebagai preman insyaf merupakan sebuah tantangan. Seperti mengajarkan agama Islam dalam dialog-dialog yang diucapkannya. Padahal, Samuel pemeluk agama Kristen. Samuel juga harus menggunakan bahasa Betawi, gaya bahasa yang cukup asing baginya. Alhasil, dia pun berguru pada supir di rumah yang kebetulan termasuk kaum marginal Betawi. "Seru sih... tantangan banget buat saya," tandas pemain film 18 ++ ini.

 

(C&R, 758, 6-12 Maret 2013)