TBNH The Series : Keakraban Artis Senior

Di sinetron Tukang Bubur Naik Haji Nani Wijaya termasuk artis senior. Selain Nani, juga ada Connie Sutedja, Latief Sitepu, dan El Manik. Menurut Nani, hubungan antara artis senior layaknya ikatan persaudaraan. Di masa lalu, mereka biasa menjalani syuting selama berbulan-bulan sehingga membuat hubungan sesama artis layaknya saudara.

Di sinetron Tukang Bubur Naik Haji, Nani Wijaya yang berperan sebagai Emak, terbilang artis senior, la telah berkiprah di dunia akting sejak tahun 1960. Menurut Nani, usia bukanlah penghalang beraktivitas. Di mata dia, artis yang terjun ke dunia akting karena bakat, kariernya lebih langgeng ketimbang artis yang kurang mempunyai bakat.

"Keterlibatan saya di sinetron ini merupakan kehendak Allah. Allah masih memberikan rezeki pada saya melalui SinemArt Productions. Orang kan melihat akting saya yang sebelum-sebelumnya. Produser maupun sutradara masih mempercayai memberikan peran pada saya di sinetron Tukang Bubur Naik Haji," ujar Nani saat dijumpai di lokasi syuting sinetron Tukang Bubur Naik Haji, di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/11).

Berkaca pada pengalamannya, Nani berpendapat artis yang mempunyai bakat, lebih mudah berakting dan menghafalkan naskah, ketimbang orang kurang berbakat.

"Saya terjun ke dunia akting karena memang bakat saya di sini. Barangkali, karena ada bakat itulah, sampai sekarang pun saya masih bisa lancar berakting. Beda dengan orang yang terjun ke dunia akting bukan karena bakat, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan berakting dan menghafalkan naskah. Bahkan, sering kali karier mereka pun jadi tidak selancar artis yang memang berbakat," ujarnya.

Tahan Banting

Selain itu, artis yang terjun ke dunia akting karena bakat dan passion, sering kali lebih tahan banting. Sebagai artis, syuting tidak selalu dilakukan di lokasi yang nyaman, tapi juga di tempat-tempat yang kurang nyaman.

Dialog yang harus dihafalkan oleh sang artis juga tidak selalu pendek-pendek. Sering kali ada pula dialog yang panjang. Jika daya ingat kurang, tentu saja bisa mempengaruhi kelancaran syuting.

Nani Wijaya memang merupakan artis tiga zaman. la pernah merasakan pahit manisnya menjadi artis. Pada zaman dulu, artis satu dengan lainnya mempunyai rasa kekeluargaan yang sangat erat. Apalagi sesama artis yang pernah menjalani syuting bareng di luar kota.

"Dulu, syuting itu bisa berbulan-bulan. Sekarang kan syuting cuma sebentar, karena teknologinya sudah maju. Tapi, karena syuting berbulan-bulan itu, membuat artis yang pernah terlibat syuting bareng, jadi merasa bersaudara," ujar Nani Wjaya.

"Jika sedang syuting di luar kota, teman artis itu menjadi saudara saya. Karena, saya mau minta tolong pada siapa lagi, jika bukah dengan sesama artis yang syuting bareng," tambahnya.

Di sinetron Tukang Bubur Naik Haji, ada beberapa artis senior yang dirasakan Nani Wijaya sudah seperti saudaranya sendiri. Misalnya Connie Sutedja yang berperan sebagai Hajah Iroh, El Manik yang berperan sebagai Ustaz Zakaria, dan Latief Sitepu yang berperan sebagai Haji Muhidin. Budi G

 

(Cek & Ricek, Edisi 952, 23-29 November 2016)