Andi Arsyil : Menulis Lawan Kebosanan

Di lokasi syuting sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series (TBNH), Andi Arsyil Rahman Putra biasanya memanfaatkan waktu kosongnya dengan cara menulis. Bahkan, tulisan itu pernah menjadi rangkaian buku.

"Buku pertama saya itu judulnya Life is Miracle. Buku kedua judulnya Eurecle artinya Anda dan setiap manusia adalah keajaiban. Buku itu di terbitkan sejak 10 Juli 2011. Sedangkan buku ketiganya judulnya Hope," ungkapnya saat ditemui, lokasi syuting, di Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Buku keempat dan kelima saat ini sedang proses pengerjaan. Ia mengaku menulis buku itu dilakukan di sela sela syuting TBNH. "Saya biasanya menulis buku berdasarkan literatur. Rencana buku keempat ini judulnya Thing dan buku kelima judulnya Not To My Self," kata pemeran Robby di TBNH ini.

Tak hanya itu, Arsyil pun juga memikirkan usahanya, bisnis travel haji dan umrah, saat berada di lokasi syuting. Baginya, tak ada kesulitan membagi waktu antara syuting dan aktifitas di luar syuting. "Saya punya konsep belajar lima menit, konsep itu intinya untuk melawan rasa males," katanya.

 

(C&R, Edisi 808, 19-25 Februari 2014)