Pilih-Pilih Lokasi Syuting, Ayah Mengapa Aku Berbeda

Pemilihan lokasi untuk syuting sinetron stripping yang tepat tentu sangat membantu proses produksi. Suatu lokasi syuting dikatakan sangat efisien bila dalam satu tempat bisa diciptakan bermacam-macam set. Inilah yang dilakukan pada produksi Ayah, Mengapa Aku Berbeda?? The Series.

Penentuan lokasi syuting menjadi tanggung jawab Unit Produksi, bagaimanapun harus bisa menemukan lokasi sesuai dengan tuntutan skenario. Ternyata mencari lokasi syuting bukanlah hal yang mudah, seperti yang dituturkan Angga, Unit Produksi SinemArt.

Selasa (25/3) malam, C&R menyambangi salah satu lokasi syuting sinetron Ayah, Mengapa Aku Berbeda?? The Series, di Gedung Serba Guna, Perumahan Green Andara, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Lokasi ini dipilih lantaran sangat efisien dan sesuai dengan tuntutan skenario.

Ayah, Mengapa Aku Berbeda?? The Series, sebagian besar memang ber-setting di sekolah taraf internasional. Siapa sangka ternyata awalnya tak mudah untuk mendapatkan set sekolah sesuai tuntutan skenario.

"Kebetulan sebelumnya kami agak problem dengan set sekolah karena di Jakarta enggak banyak pilihannya yang bisa sesuai dengan skenario," kata Angga.

Pria ini mengungkapkan pihaknya tersandung dengan soal perizininan dari pihak sekolah. "Agar bisa memakai sekolah yang kita mau, pihak sekolah cuma kasih izin hari syuting Sabtu dan Minggu, sedangkan kebutuhan skenario harus setiap hari syuting," kata Angga.

Efisiensi dan Buang-Buang Waktu

Saat masa praproduksi, Angga bersama timnya harus hunting ke berbagai tempat sampai menemukan sekolah yang tepat dengan kebutuhan. Pilihan sempat salah satu sekolah di kawasan Bogor.

"Waktu awal-awal kami pakai sebuah sekolah baru di Bogor untuk lokasi syuting khusus scene sekolah, tetapi itu enggak efisien karena dalam satu episode ada 8 scene. Ya kalau jauh-jauh ke Bogor, buang-buang waktu," kata Angga.

Sampai akhirnya terpilihlah lokasi baru yaitu Gedung Serba Guna di perumahan Grand Andara yang merupakan salah satu kompleks perumahan elite di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Menurut Angga, lokasi ini sangat efisien dan bisa memenuhi kebutuhan skenario.

"Selama hampir sebulan kami syuting di Bogor, benar-benar enggak efisien. Sampai akhirnya ada yang merekomendasikan lokasi ini (Gedung Serba Guna). Sebelumnya memang sudah pernah ada produksi film lain yang memakai tempat ini sebagai lokasi syuting. Karena merasa cocok kami minta izin untuk bisa memakai gedung ini untuk lokasi syuting," kata Angga.

Akhirnya SinemArt mendapat izin menggunakan Gedung Serba Guna. "Kebetulan gedung inilah yang bisa kami pakai buat setting sekolah. Nah kalau Sabtu Minggu kami pindah lokasi syuting di Kampus Universitas Indonesia, Depok," kata Angga. Angga dan timnya mengaku tak mengalami kerumitan hunting.

"Kami hunting lokasi itu sebenarnya enggak ribet, tetapi kembali lagi ke tuntutan skenario. Ketika skenario untuk episode berikutnya keluar, kami lihat apa di situ ada set-set baru. Kalau ada set baru kami harus hunting. Misalnya ada set rumah sakit. Jika di Gedung Serba Guna kami enggak bisa 'curi-curi' set misalnya untuk koridor rumah sakit, ya kami harus cari rumah sakit benaran (real set) artinya kami harus hunting," papar

Angga juga mengakui pihaknya tak kesulitan memperoleh perizinan menggunakan suatu tempat sebagai lokasi syuting. "Paling yang agak susah kalau kami mau pakai jalanan untuk syuting. Kami harus kerja sama dengan instansi pemerintah atau kami harus melibatkan polisi dan ormas," kata Angga.

Satu Lokasi Banyak Setting

Gedung Serba Guna yang kini digunakan untuk lokasi syuting Ayah, Mengapa Aku Berbeda?? The Series dinilai sangat efisien. Terletak di kompleks perumahan elite yang pas dijadikan setting area sekolah standar internasional, di gedung inilah adegan bisa diambil dengan berbagai setting.

Di sini ruangannya cukup banyak. Jadi tidak hanya untuk setting scene kelas dan sekolah saja. "Kami bisa bikir setting buat scene kamar, atau setting buat scene studio musik. Lebih efisien dan enggak buang-buang waktu. Pastinya ini sangat membantu proses produksi," kata Angga.

Mengenai harga sewa gedung ini, Angga tidak bicara banyak. Kalau untuk harga sewanya sih standar, penyewaannya per-titik. Jadi tim produksi menyewa per hari. Tidak all in semua tempat dipakai. Sesuai kebutuhan skenario titik mana saja. "Range harga sewanya bervariasi, misalnya kami butuh aula buat set kelas paling harga sewanya sekitar Rp 2 juta sehari penuh (24 jam)," kata Angga.

Selain menyewa Gedung Serba Guna, Ayah, Mengapa Aku Berbeda?? The Series juga menyewa rumah yang digunakan sebagai lokasi syuting, namun jaraknya tidak jauh dari Gedung Serba Guna.

Mereka memakai dua tempat yaitu di Jl. Benda (Jagakarsa) untuk rumah tokoh Lola, dan Jl. Kecapi (Jagakarsa) untuk rumah tokoh Angel. Jaraknya paling hanya 800 meter dari perumahan Green Andara,. "Tapi, tetap enggak buang-buang waktu karena relatif dekat jaraknya," tambah Angga.

Karena sudah mendapat lokasi yang tepat di Jakarta, kini sinetron yang dibintangi oleh Dinda Hauw, Lucky Perdana, Sultan Djorghi, dan Mieke Wijaya itu, tidak melakukan syuting di Bogor lagi. "Sekarang semua kami alihkan ke Jakarta," kata Angga.

 

(Cek & Ricek, Edisi 814, 2-8 April 2014)