Hikmah dan Popularitas Berkat Aisyah Putri : Jilbab in Love

Gara-gara bernama Anna Gilbert, banyak teman di kampusnya mengira pemeran utama sinetron Aisyah Putri: Jilbab in Love itu beragama Nasrani. Anna sebenarnya bercita-cita menjadi juru dakwah seperti halnya tokoh Aisyah yang diperankannya dalam sinetron yang sedang naik daun di RCTI itu.

Sejak Senin (27/10) RCTI menayangkan sinetron terbaru, Aisyah Putri: Jilbab in Love yang tayang setiap hari pukul 17.00 WIB. Aisyah Putri diperankan oleh Anna Gilbert. Dalam sinetron tersebut digambarkan, Aisyah merupakan seorang "pelajar putri yang giat mengajak teman-temannya untuk berhijab. Dia juga menjadi sebagai pemenang lomba Cover Girl Aneka Yess untuk kategori pemenang favorit. Tetapi selama ini ia lebih banyak beraktivitas sebagai model catwalk dan model iklan. Ia pernah muncul antara" lain sebagai bintang iklan Sunsilk.

Pengetahuan Islam

Awal keterlibatannya dengan sinetron Aisyah Putri: Jilbab in Love, bermula dari ketertarikannya mengikuti kasting yang digelar SinemArt Productions. Saat itu, rumah produksi tenar ini mencari bintang-bintang muda untuk bermain dalam sinetron itu. Anna pun coba-coba mengikuti kasting tersebut. Alasannya karena ia merasa tertarik dengan judul sinetron itu dan penasaran. Anna sempat menjalani tes kasting dan tes wawancara.

"Saya sangat tertarik melihat judul sinetron itu. Tetapi saya harus ikut kasting dulu bersama belasan peminat lainnya. Alhamdulillah, saya berhasil lolos, bahkan menjadi pemeran utamanya," kata gadis berdarah Betawi-Amerika itu. Saat disodori naskah sinetron yang diadaptasi dari novel berjudul sama, Anna makin girang. Apalagi kebetulan ia sejak tahun 2013 memang sedang memperdalam pengetahuan tentang agama Islam.

"Saya senang banget bisa main dalam sinetron ini. Karena saya memang ingin berdakwah. Mudah-mudahan, berkat akting saya dalam sinetron ini, banyak remaja yang tertarik untuk mengenakan hijab juga," kata artis yang aktif bergabung dengan kelompok pengajian Liko di lingkungan rumahnya di Bekasi.

Menurut Anna, karakter Aisyah Putri yang diperankannya, memang mirip dengan karakter sehari-harinya. Gadis yang hobi travelling dan panjat tebing ini, memang bercita-cita ingin menjadi juru dakwah di kalangan remaja. Apalagi di matanya, Islam merupakan agama yang mengajarkan kebaikan, sehingga perlu ditularkan ke orang lain. Jadi ya harus disosialisasikan.

Sebagai orang muda, Anna mengaku masih mencari passion hidupnya. Ia ingin rherasakan berbagai pekerjaan, untuk mencari hal yang ia anggap cocok dengan dirinya, termasuk keterlibatannya sebagai model dan sebagai artis sinetron, bukan lantaran ia ingin mencari uang, tetapi ingin merasakan berbagai profesi.

"Iya, ayah saya sebenarnya menginginkan saya konsentrasi pada kuliah saja. Tetapi saya yang ingin menca pengalaman hidup. Ketika saya terjun ke sinetron, saya yakinkan ayah, bahwa saya akan bisa sukses menjalani karier dan kuliah. Akhirnya ayah menyerahkan keputusan pada saya," ujar gadis yang pernah menjadi juara pidato yang diselenggarakan Pemda Bekasi itu.

 

(Cek & Ricek, Edisi 845, 5-11 November 2014)