Akting dan Keseharian Intan Pramita Dewi

Intan Pramita Dewi tidak menyangka 'ditarik' ke sinetron Kita Nikah Yuk, untuk memainkan karakter dengan namanya sendiri. Sebelumnya ia berperan sebagai Laila, anak Sobari, di Tukang Bubur Naik Haji The Series, sejak episode awal. Uniknya, di dua judul sinetron tersebut, Intan selalu mendapat peran lembut, kalem, dan pendiam. Sosok tersebut ikut tercermin dalam kesehariannya di luar syuting. Benarkah?

Intan (Intan Pramita Dewi) tidak pernah mengira, mengapa paman dan bibinya, Cang Dule (Teno Ali) dan Cang Lela (Vera Detty), begitu semangat menjodohkan ia dengan Wasit (Ringgo Agus Rahman). Padahal, Wasit masih menjalin hubungan kekasih dengan Mawar (Naysila Mirdad).

Keinginan itu muncul ketika Cang Dule dan Cang Lela serta Intan menetap di rumah Beni (Eeng Saptahadi), yang tak lain orang tua Wasit. Nah, kehadiran Intan, yang tak lain adalah keponakan Dule dan Lela, memunculkan motivasi keduanya untuk menjodohkan Wasit dengan Intan.

Intan mulai muncul di episode pertengahan sinetron Kita Nikah Yuk yang digambarkan sebagai gadis murah senyum, pendiam, dengan tutur kata lembut. Penampilannya sederhana, rambut terurai panjang, dengan bawahan rok panjang, seperti anak rumahan di pemukiman pinggiran.

Namun, ketika dijumpai saat break syuting, sosok Intan dalam keseharian sama dengan di sinetron ini. Dalam perbincangan bersama C&R, dua pekan lalu, Intan terlihat bertutur kata lembut dan kalem. "Memang begini kalau di rumah atau di luar. Sehari-hari juga begini. Apalagi aku anak bungsu dari enam bersaudara. Jadi ketika memerankan tokoh Intan, aku sudah terbiasa dan enggak kaget," ucapnya.

Sejak memerankan karakter Intan, sosok gadis bernama asli I Gusti Ayu Pramita Dewi ini, makin dikenal. Apalagi karakternya dianggap mengganggu hubungan Wasit dengan Mawar. Intan sama sekali tidak menyangka dirinya bisa dilibatkan di sinetron Kita Nikah Yuk, yang digarap rumah produksi yang sama dengan Tukang Bubur Naik Haji The Series.

Bagaimana awalnya Intan bisa terlibat di sinetron karya sutradara Indrayanto Kurniawan ini? "Sebelumnya saya lama memerankan Laila (anak Sobari, sahabat Radar) di Tukang Bubur Naik Haji The Series sejak episode awal. Setelah mulai jarang tampil di sana, saya dilibatkan di sini (Kita Nikah Yuk). Saya dapat peran lembut dan baik hati, mungkin menurut sutradara wajah saya cocok dapat peran ini, hehehe," ungkapnya.

Meski dikenal pendiam, sebelum terjun di dunia akting, gadis kelahiran Mataram, 21 Maret 1994 ini pernah mengawali karier di dunia modeling sejak duduk di bangku SMA Nusantara 1, Tangerang. Sampai akhirnya ada seseorang yang mengajaknya untuk menjajal dunia peran.

Sebelumnya, ia pernah terlibat di sinetron Yusra dan Yumna, serta Karunia.

 

(Cek & Ricek, Edisi 845, 5-11 November 2014)