Ochi Rosdiana : Tinggalkan JKT48, Bersinar Sebagai Bintang Sinetron

Tergabung dalam generasi pertama grup idola JKT48, Ochi Rosdiana (15) memutuskan hengkang pada 2012. Saat ini, Ochi berkarir solo dengan menggeluti dunia akting yang sempat ditinggalkan beberapa saat. Tercatat, ia telah membintangi sinetron Surat Kecil Untuk Tuhan, Magic dan yang sampai saat ini masih tagang di RCTI, 7 Manusia Harimau.

Bintang menjumpai Ochi di lokasi syuting 7MH di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Tengah menunggu giliran pengambilan gambar di rumah gadang, ia melayani wawancara Bintang dengan ramah. Mengenakan sepatu baru warna hitam, ia menceritakan keterlibatannya dalam sinetron produksi Sinemart itu.

"Aku berperan sebagai Pitaloka. Dia anak salah satu 7 manusia harimau. Di awal cerita, Pitaioka diceritakan sebagai perempuan yang paling pintar di Desa Kumayan. Satu-satunya orang yang paling enggak percaya dengan hal-hal gaib walaupun ayahnya seorang manusia harimau juga. Dia selalu pakai logika," cerita Ochi.

Lama-kelamaan Pitaloka percaya juga dengan hal-hal gaib. Perubahan pola pikirnya dipengaruhi Gumara (Samuel Zylgwyn) yang datang ke Desa Kumayan untuk menjadi guru, di samping mencari ayah kandungnya. "Dia jatuh cinta pada Gumara. Berebut dengan Karina (Syahnaz Sadiqah - adik Raffi Ahmad). Karena Karina menarik perhatian Gumara dengan ilmu-ilmu, sedangkan Pitaloka menarik perhatian dengan kepintarannya di kelas, merasa enggak cukup maka dia belajar ke bukit-bukit untuk mencari ilmu. Akhimya sekarang dia punya ilmu," terang Ochi.

Tampil dalam sinetron drama laga yang diangkat dari cerita rakyat, Ochi dituntut beradegan laga. Tidak mudah, apalagi buat artis yang tidak punya dasar ilmu bela diri. "Aku belum pernah dapat adegan perkelahian sebelumnya. Cuma karena aku punya dasar dance dari JKT48, sekarang sudah lancar gerakan-gerakanku. Enggak semua adegan perkelahian aku lakukan sendiri. Untuk adegan yang ekstrem pasti pakai pemeran pengganti. Sedangkan untuk adegan perkelahian yang ringan kayak tendang dan pukul, aku sendiri yang melakukan." aku Ochi. Badannya pegal dan biru-biru selama beberapa hari. "Biru karena tertendang. Sebelumnya sudah dilatih. Cuma karena saking semangatnya, aku lepas kontrol." katanya.

Ochi membantah, 7MH mengekor sinetron Ganteng-Ganteng Serigala (GGS) yang dibintangi Aliando Syarief dan Kevin Julio. "Beda bangetlah!" tandasnya. Ochi tidak asal bicara. Berbeda dengan GGS yang menyuguhkan konflik antara serigala dan vampir. cerita 7MH diangkat dari novel Motinggo Busye dan menjadi legenda di masyarakat Bengkulu dan Jambi. "Awalnya aku bingung, apa sih manusia harimau. Aku pikir ceritanya kayak sinetron di TV lain. Ternyata kata kantor (Sinemart), ini beda. Ini kisah nyata. Benar banget. Pasalnya, ada salah satu pemain di sini, pemeran Pak Yunus, yang punya saudara manusia harimau." bilang Ochi. Tiap hari syuting 7MH, Ochi sangat menjaga kesehatannya. "Rahasianya minum vitamin, makan buah, dan minum susu," Ochi berbagi. "Mulai syuting pagi sekitar jam 9, jam 12 malam sudah harus selesai semua. Enggak pernah sampai pagi syutingnya," dara kelahiran Depok, 24 Januari 1999, ini bersyukur. Yang paling berat ketika syuting live. Pagi syuting, malam tayang. "Heboh banget. Grasak-grusuk. Capek, tapi aku menikmati."

Pilih akting ketimbang menyanyi

Akting bukanlah dunia baru bagi pengidola Agnez Mo ini. Terjun ke ranah hiburan saat di bangku SD. Ochi kali pertama menjajal akting dalam sinetron legenda yang tayang di TPI. "Kata Mama, waktu SD itu aku genit. Suka mengaca di depan cermin. Lalu aku bilang kepada Mama, aku mau masuk TV. Enggak lama kemudian, aku coba ikut kasting. Kebetulan Mama punya kenalan orang film," kenang pelakon Nyingnying dalam sinetron Ronaldowati ini. Tidak puas hanya berakting, pada 2011 Ochi mengikuti audisi untuk grup idola JKT48 dan terpilih sebagai salah satu anggota generasi pertama.

Hanya satu tahun Ochi bersama JKT48. Pada November 2012, ia hengkang dan berkarier solo. Seolah ingin unjuk gigi, pada Desember 2012 ia merilis debut single "Suka Kamu" bersama Gavin MJ. Sayangnya, duet itu tidak bertahan lama. Merasa akting adalah hasratnya, ia kembali menjalani karier akting. Gayung bersambut, Sinemart menawarinya peran dalam sinetron Magic. Setelah itu berturut-turut ia tampil dalam sinetron Ayah Mengapa Aku Berbeda?, Bintang di Langit, dan Surat Kecil Untuk Tuhan The Series 2. "Aku jujur saja lebih suka akting (ketimbang menyanyi). Maka saat ini aku fokus akting dulu," tegasnya.

Mengenai honor, pemilik nama asli Neneng Rosediana ini mengaku tidak tahu, dengan alasan urusan honor diatur mamanya. "Aku enggak pernah mau tahu honorku berapa. Yang panting aku, sin syuting saja," tukasnya. Demi menghemat waktu dan tenaga, Ochi saat ini tinggal dengan Mama dan asistennya di sebuah apartemen di kawasan Cibubur. "Rumahku sebenarnya enggak jauh, di Depok. Cuma karena aku enggak pakai sopir lagi, aku lebih baik sewa apartemen di sekitar sini (lokasi syuting) saja," bilang Ochi. Pernah sebelum menyewa apartemen, ia menyetir sendiri dari Cibubur ke Depok padahal ia belum punya SIM A. Setelah bos Sinemart, Leo Sutanto, tahu, tidak diperbolehkan lagi. "Akhirnya diantar jemput mobil kantor," cetusnya.

 

(Bintang Indonesia, Edisi 1229, I Januari 2015)