Anak Jalanan : Bertabur Bintang Baru

Hampir saban pekan sinetron Anak Jalanan di RCTI, menduduki puncak dengan jumlah penonton terbanyak sesuai share dan rating. Kemasan cerita remaja dengan nuansa yang mengajarkan norma agama dan positif ini berhasil membetot perhatian pemirsa sejak tayang perdana, 12 0ktober 20.15 lalu.

Realita itu setidaknya terekam mulai dari jargon dan nilai-nilai positif yang diemban para pemainnya, semisal pacaran nonvulgar ~ atau jaga jarak aman antarpasangan ~ cinta yang didasari restu orang tua, mengendarai kendaraan dengan tertib, dan safety riding, hingga mengerjakan ibadah salat lima waktu.

Meskipun para anak geng motor kerap berselisih paham, namun ibadah tetap rutin dilakoni, tak peduli lokasi dan tempat. Mereka juga menurut pada orang tua, menguatkan persahabatan, hingga bersedekah bagi warga yang tak mampu.

Di antara konflik remaja antara geng motor, lengkap dengan action-action keren para anggotanya, sepanjang Februari, sinetron itu mulai kedatangan pemeran-pemeran baru yang tak diragukan lagi kualitasnya. Kehadiran mereka semakin menambah bumbu-bumbu penyegar, selain peran-peran sentral sebelumnya.

Devi Permatasari

Di antaranya ada beberapa nama terkenal. Sebut saja Devi Permatasari, yang sebelumnya pernah bermain di rumah produksi serupa, lewat judul Anak-Anak Manusia. Aktris berhijab itu berperan sebagai Ibu Rengganis. la sosok wanita yang ternyata disukai Abah Rama (Fathir Muchtar), ayah Raya (Raya Kitty). Uniknya, Rengganis, adalah ibu dari Mondy atau Kemod (Immanuel Caesar Hito), kekasih Raya.

Saat tayangan pekan lalu, Abah Rama, yang mulai terlanjur jatuh cinta ke Rengganis, ternyata juga belum mengetahui jika wanita itu adalah ibunya Mondy. Mereka pertama kali berjumpa ketika mobil Rengganis diserempet motor gede Abah Rama.

Dalam beberapa penayangan, keduanya kerap melempar lirik. Bahkan, Abah Rama, tak segan mengirimkan penganan sarapan ke Rengganis. Begitu pula sebaliknya. Sontak, adegan tersebut membuat tayangan ini lebih berwarna dan sarat humor.

Jonathan Frizzy

Kedua, Jonathan Frizzy atau Ijonk sebagai Rey Moraga. la adalah juara balap motor namun sering membuat ulah. Diceritakan, Alex (Cemal Farouk), mengajak Rey, sebagai pelindung geng Black Cobra  pimpinan Kobar (Adjie Pangestu). Rey lantas menantang musuh-musuh Black Cobra. Meski sering membuat ulah, namun Rey menolak untuk bertarung secara licik. la bahkan sempat menghajar anggota Black Cobra yang mengganggu seorang perempuan muda. Sebelum terlibat di sinetron Anak Jalanan, Ijonk, pernah tampil cemerlang di 7 Manusia Harimau.

Ramita Nasution & Roger Danuarta

Ketiga, ada Ramita Nasution, yang memerankan tante Nadia. la seorang perempuan yang membantu dan mengurus segala keperluan di butiknya Ibu Rengganis. Sebelumnya, Ramita, pernah tampil berhijab di sinetron Sakinah Bersamamu, sebagai ibu dari Dude Harlino.

Terakhir, Roger Danuarta, berperan dengan namanya sendiri, Roger, seorang ketua Geng Spider. Konflik dan perseteruan Roger terjadi ketika ia tak suka tatkala Boy (Stefan William) sempat diduga menginjak harga diri geng mobilnya dengan menghajar salah satu anggota geng Spider. Suatu ketika salah seorang anggota geng Spider menabrak pedagang bakso, hingga membuat Boy menghajarnya dan memaksanya agar meminta maaf kepada pedagang yang ditabraknya itu. Sejak itu, keduanya berseteru. Cheppy F. Bachtiar

 

(Cek & Ricek, Edisi 914, 2-8 Maret 2016)