Yoelita Palar : Sering Dimaki Penggemar

PENGGEMAR sinetron "Anak Jalanan" (SAJ) yang ditayangkan setiap hari di stasiun televisi RCTI, pasti tidak asing dengan tokoh Marissa, pemeran Mamanya Boy yang kerap nyeletuk dengan kata-kata khasnya: "Tauukkk!" atau Coooccoookkk!". Nah seiring dengan akrabnya tokoh Marissa di mata penonton, pemeran tokoh itu Yoelita Palar, pun makin digemari pula oleh pecinta sinetron di tanah air.

"Alhamdulillah ya SAJ mendapat respon di mata masyarakat. Memang SAJ agak sedikit berbeda karena ada komedinya, ada dramanya, jadi semuanya tuh ada. Ada anak sekolah, ada cerita orang tuanya juga sampai cerita kepembantunya juga ada. Jadi menurut aku tuh sinetron ini mewakili mata para penonton. Dampaknya tentu buat aku juga ada dong," kata Yoelita saat ditemui Bintang Film di lokasi syuting SAJ di bilangan Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Meski SAJ tengah boming toh Yoelita mengaku tidak menyangka bakal bisa memerankan tokoh Marissa dengan baik. Apalagi setelah tahu sinetron ini adalah sinetron drama campur komedi. Maklum sebelumnya ia lebih banyak bermain sinetron drama. Itu sebabnya ketika ditawari bermain disinetron yang Disukai oleh segala golongan usia itu ia sempat mengalami sedikit kerisis kepercayaan diri.

"Pertama sih saya deg-degan. Saya bisa gak ya? Benar gak ya? Pas gak ya mainnya ya? Pas kita masih di episode awal kita nyari-nyari, misalnya kita nyari kata-kata, misalnya kata "Tauuuukk..." lalu kata "Cooocookk", dan akhirnya kita mix jadi coocookkk tauuukk! Dan ternyata penonton suka," tutur Yulita.

Gimik-gimik seperti itu, menurut Yulita, akhirnya dimasukan ke skenario, disesuai-kan dengan acting pemain dan akhirnya cocok.

"Kata-kata itu sebenarnya bahasa sehari-hari saya di rumah. Misalnya cocok tuh makanan gitu, dan kalau mau pergi misalnya kita mau berenang atau mau nonton? Kayaknya cocok tuh dua-duanya, dan akhirnya habis berenang pergi nonton. Itu me­mang bahasa dirumah. Jadi aku pikir gimana kelihatannya still relax, nggak keliatan dibikin-bikin, jadinya ya udah pake bahasa-bahasa di rumah deh dan akhirnya skenario memback up kita."

Yulita mengakui bahwa keberhasilan yang dicapaikan saat ini bukanlah karena jerih payah sendiri. Dia bersyukur berada di SAJ yang dikelilingi oleh orang-orang yang kompak satu sama lain. Baik antar pemain, atau pemain dengan kru dan juga dengan fans, serta sebaliknya.

Namun demikian bukan berarti semua berjalan mulus. Yulita juga pernah mengalami saat yang pahit, dimaki-maki oleh fans SAJ.

"Di media sosial, kadang si tokoh ini (Marissa) dimarahin juga. Kenapa mau sih di bohongin sama Adriana, tante sih nipu, kamu nih lebay. Aku pernah dimaki ini-itu. Itukan pandangan kacamata mereka yang baper (terbawaperasaan). Aku sih nggak kenapa, karena nanti ketika tracknya, mereka tahu kenapa jadi begini karena ada alasan, dia berbuat ini karena ada itu," kata wanita kelahiran 11 Maret 1976 ini.

Karena dalam cerita, Boy sekarang sudah disetujui berpacaran sama Reva semuanya komentar yang muncul di media sosial menyatakan setuju.

"Gini dong ceritanya, gini dong macan (mamah cantik), begini dong cocok tau. Nah itu memang respon negative-positif saya terima aja. Tapi kan bagaimana pun ada perhatian mereka. Kalo mereka gak nonton nggak mungkin ada kata-kata seperti itu. Jadi sempet baper (bawa perasaan) gitu, penonton gak yang tua, yang muda, yang anak kecil, baper gitu."

Berbeda dengan perannya sebagai Marissa di SAJ yang banyak mendapat kritik dari fans, tidak demikian di dalam kehidupan nyata. Kehidupan sehari-hari putri ketiga dari lima bersaudara yang mengaku nyaris tanpa kritikan.

Sejak menekuni dunia keartisan, nama Yoelita hampir tak pernah diberitakan mir­ing oleh awak media, jangankan gosip miring, berita seputar kehidupan pribadi dan keluarganya saja sama sekali tak ada.

"Saya rasa pribadi saya biasa aja, aku ini lebih suka ditanyain soal sinetron karena itu kegiatan di syuting, jadi kalo misalnya ditanyain tentang cerita atau apa jadikan lebih ngerti," kilahnya. Yulita secara halus mengatakan tak mau diberitakan soal ke­hidupan pribadi karena sudah terikat perjanjian dengan orangtuanya dulu waktu ijin ingin menekuni dunia artis.

Menurut Yoelita, orangtuanya pernah berkata kepadanya, jika benar-benar ingin menjadi artis, putri semata wayangnya itu harus menjadi artis yang memiliki karya, dan bukan dikenal karena berita heboh dan sensasi. Itu sebabnya hingga sekarang ia selalu mengelak ketika hendak ditanyai soal kehidupan pribadinya. Sebaliknya semua pertan-yaan yang berkaitan dengan pekerjaan pasti dijawab dengan lugas. Komitmen itu dipegangnya hingga kini. Dan agaknya Yoelita memang benar-benar orang yang memiliki komitmen yang tinggi. Meski jarang diekpose di media toh kariernya ter-golong bersinar. Sejak pertama mengawali karir sebagai Gadis Feminim tahun 1991 hingga sekarang sudah puluhan judul sinetron dibintangi, diantaranya Kesetiaan Cinta, Bunga Cinta, Putri Yang Ditukar dan lain sebagainya. Selain tengah menbintangi SAJ, dalam waktu dekat ia juga akan syuting sinetron Asisten Rumah Tangga. Apa tidak takut terganggu jadwal syuting SAJ?

"SAJ dan sinetron Asisten Rumah Tangga kan sama-sama produksi Sinemart. Jadi saya yakin bakalan nggak terganggu karena nanti mereka yang ngatur schedule syutingnya. Mudah-mudahan semuanya lancar," kata Yoelita mengakhiri pembicaraan.

 

(Bintang Film, Edisi 53, April 2016)