Agung Hercules : Satpam Lebay Bikin Sebal

Tak hanya ulah genit para asisten rumah tangga, ada pula petugas satuan pengaman, yang tak kalah bernyali. Bahkan terlampau protektif, lebay, dan bikin sebal warga kompleks, seperti Sidik. Siapa dia?

"Ahh, dilihat dari pantauan udara di ketinggian 3,63 kilometer, kompleks Buana Indah tercinta ini aman terkendali, tidak ada kekurangan satu apapun. Rileks, rileks, rileks.. Wuw," guman Sidik, sambil berjalan di trotoar kompleks dengan menenteng tongkat kebesarannya.

Saat berjalan pelan, tiba-tiba ia berpapasan dengan seorang perempuan yang terlihat terburu-buru. "Maaf, saya mau tanya. Minimarket di kompleks rumah ini di mana ya?," tanya perempuan itu pada Sidik, si satuan pengaman (satpam).

Sidik tak mau kalah. la balik bertanya, layaknya tengah menginterogasi penjahat. "Mmm.. Ini penting banget. Dari aroma tubuhnya yang menggelayut di hidung saya, dari bau-baunya, Anda adalah orang baru di sini. Anda ART dari mana, majikan atas nama siapa, tinggal di blok berapa? Sidik, satpam berdedikasi tinggi, penuh kehormatan, tampan, rupawan, gagah, dan mempesona, harus tahu," tanya balik Sidik.

Jika pemirsa tinggal di sebuah kompleks perumahan dan menemui petugas satuan pengaman (satpam) macam Sidik, seperti percakapan di atas, tentu cepat tarik urat.

Sikap protektif dan pengamanan pada warga yang patut dicurigai, sejatinya memang bagian dari tugas seorang petugas satpam. Namun, bukannya merasa aman, warga justru jengkel karena sikap Sidik yang terlalu banyak tanya dan ceriwis.

Dialog adegan di episode serial Asisten Rumah Tangga beberapa pekan lalu itu, mengisahkan sosok Sidik, anggota satpam yang diperankan oleh Agung Hercules. Sejak dua pekan lebih tampil di serial ini, peran Agung cukup mencuri perhatian penonton, selain kehadiran para perempuan ART sejak penayangan awal.

Binaraga, Dangdut, & Sinetron

Sebelumnya, Agung lebih dikenal sebagai penyanyi dangdut dan binaragawan. Tubuh kekar, rambut gondrong, dan barbel mikrofon, menjadi ciri khas penampilannya di atas panggung. Termasuk penampilan aktingnya di beberapa judul sinetron, film, FTV, iklan, dan sketsa televisi lain.

Karena itu, dunia seni peran, tak begitu asing bagi kelahiran Malang, 9 Februari 1977 ini. Begitu pula dengan tawaran di sinetron terbaru.

Tak butuh proses berliku ketika ia mendapat tawaran di peran tersebut. Agung langsung menerima ketika sang manajer menawarkan peran sebagai Sidik di sinetron Asisten Rumah Tangga.

"Tapi sulitnya, waktu awal-awal, saya harus menghafal tokoh-tokoh yang terlibat di sini. Harus hafal mereka, enggak boleh salah. Sebagai Sidik, saya harus memerankan karakter yang lebay sebagai satpam kompleks," katanya saat dihubungi Senin (9/5) soal kesan peran yang ia mainkan.

Sebelumnya, Agung dikenal sebagai penyanyi dangdut. Namun kemudian mendapat kembali tawaran main sinetron. "Kalau menyanyi, berhadapan dengan orang banyak. Harus hafal lagu-lagu dan memikirkan kostum untuk performance. Tapi kalau sinetron, kan kepuasan kita saat rating sinetron itu bagus. Tapi (akting dan menyanyi) sama-sama suka dan enak karena beda jenis dan persiapan," ucapnya.

Namun, di antara beberapa peran yang pernah ia bawakan, ia justru lebih suka tokoh Sidik ini. Selain penuh tantangan, dalam tokoh ini, ia tak sekadar memerankan satpam seperti pada umumnya di kompleks-kompleks di Indonesia.

"Kayaknya enggak ada satpam yang kelakuannya seperti Sidik di Indonesia. Enggak pernah ada kan satpam ke mana-mana bawa barbel dan berambut gondrong, hehe," tambahnya.

Apalagi, lanjutnya, balutan komedi yang tersaji lengkap di sinetron ini membuatnya ketagihan mengaktualisasikan peran.

 

(CEK & RICEK, Edisi 926, 25-31 Mei 2016)