Ammar Zoni Jagoan Silat

Di sinetron terbarunya, Anak Jalanan, Ammar Zoni tampil gahar, macho, dengan motor gedenya. Di beberapa scene, ia sering berkelahi dengan beberapa anggota geng motor yang suka berbuat onar. Kemahirannya bertarung ia peroleh dari kemampuan bela diri sejak cilik. Terakhir, ia memenangkan kejuaraan silat tingkat internasional.

Setelah Stefan William cuti beberapa pekan dari penampilannya di sinetron Anak Jalanan, tiba-tiba muncul Ammar Zoni. Sempat muncul spekulasi Ammar menggantikan posisi Stefan.

Pertanyaan tersebut terjawab setelah sutradara Akbar Bhakti memberikan konfirmasi jika Stefan tidak digantikan oleh siapapun. Termasuk oleh Zoni, sapaan akrab Ammar Zoni, yang mulai tampil perdana sejak 9 November 2016 lalu.

"Posisi Boy tidak bisa tergantikan. Kehadiran Zoni hanya mendukung jalan cerita dengan karakter baru saja," ucap Akbar.

Menurut dia, masuknya Zoni bertepatan dengan rehatnya Stefan sementara. Kemunculan Zoni lain cerita dan peran.

Zoni berperan sebagai Raffi, kakak kandung Rio yang diperankan Dylan Carr. Seperti diketahui, Dylan tampil sebagai pemeran antagonis yang kerap mencari perselisihan dengan Boy (Stefan William).

Meskipun sebagai kakak, Zoni tak mau mengikuti jejak sang adik yang dianggap suka berbuat keributan. Peran Zoni. sebagai Raffi adalah anak muda dengan penampilan khas anak geng motor yang suka menolong sesama. Terakhir, ia tengah dekat dengan Reva yang diperankan oleh Natasha Wilona.

Ada peristiwa unik ketika Reva tengah mengendarai motor melintasi jalanan sepi di tepi taman. Tiba-tiba, empat pengendara tak dikenal menghadang karena merasa tersinggung oleh sikap Reva yang tak sengaja menyerempet kendaraan mereka.

Reva kesal karena kunci motornya diambil paksa salah seorang pengendara. Tiba-tiba, dari kejauhan terlihat Raffi menuju arah mereka. Melihat keusilan geng motor tersebut, Raffi langsung menghajar mereka tanpa ampun.

Aktif Bela Diri

Satu banding empat, Raffi mampu memukul mundur mereka. Menariknya, kemampuan berkelahi Zoni bukan ia dapat secara instan dari instruktur bela diri di sinetron tersebut.

"Saya aktif di dunia bela diri sejak tahun 2000-an. Dari kecil, saya sudah belajar pencak silat tradisional. Ayah saya mengenalkan saya silat luncua. Itu silat asli dari Muara Labuh di Padang, Sumatera Barat, ketika saya tinggal di sana," jelasnya, saat dijumpai di lokasi syuting di Cipayung, Jakarta Timur, pekan lalu.

Tak heran, ketika memerankan karakter Raffi yang jago berkelahi atau perannya sebagai Rajo Langit di sinetron sebelumnya, 7 Manusia Harimau, ia tak mengalami kesulitan memperagakan beberapa adegan berkelahi yang  berbahaya.

Medali Emas

Pria kelahiran Depok, Jawa Barat 8 Juni 1993 ini bahkan sempat meraih juara di beberapa ajang kompetisi. Misalnya, di Pekan Olahraga Daerah (Porda) DKI tahun 2005, hingga pernah dikirim ke lomba pencak silat di Malaysia pada 2008.

Terbaru, ia menjuarai dan meraih medali emas di festival silat tingkat internasional di Padang, Sumatera Barat, pada 23 Oktober 2016. Di ajang ' itu, ia mengalahkan sejumlah peserta dari Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Laos, Korea Selatan, Thailand, Belanda, hingga Amerika Serikat.

Zoni menaruh harapan, sebagai seorang aktor, ia tak hanya populer dalam hal akting, pamun juga dapat melestarikan budaya lawas Indonesia.

"Saya sangat suka dengan dunia silat. Saya juga bisa membuktikan, kalau aktor bisa punya prestasi dalam bidang lain. Kebetulan, saya suka karakter ini, dapat soul-nya. Sekaligus bisa menyalurkan bakat bela diri saya di akting," ungkapnya.

 

(Cek & Ricek, Edisi 955, 14-20 Desember 2016)