Ammar Zoni : Beri Warna Baru di Anak Jalanan

Sejak bermain di Anak Jalanan, Ammar Zoni dianggap bisa menggantikan posisi Stefan William. Bagaimana Ammar menanggapi hal tersebut?

Sinetron Anak Jalanan ditinggalkan  pemeran utamanya, Stefan William Umboh yang berperan sebagai Boy Wirawan. Boy adalah tokoh sentral dalam sinteron itu. Namun para penggemar Anak Jalanan tak perlu berkecil hati. Ada sosok baru yang tak kalah populer dari Stefan. Dialah Ammar Zoni, pemeran Rajo Langit dalam sinetron 7 Manusia Harimau. Kesuksesannya mengangkat sinetron 7 Manusia Harimau diharapkan bisa berimbas pula dengan Anak Jalanan.

Dua balan terakhir ini Ammar teriibat di Anak Jalanan. Amar berperan sebagai Rocky, kakak Rio yang diperankan Dylan Carr. Rio adalah musuh utama Boy. Selama ini Rocky diceritakan menghilang tak tentu rimbanya. Saat mengetahui Rio masuk rumah sakit karena berkelahi dengan geng Boy, Rocky pun kembali lagi. Dari situlah cerita Rocky mulai masuk di Anak Jalanan. Rabu (28/12) lalu, Nyata berkesempatan mengunjungi lokasi syuting Anak Jalanan di kawasan Sentul, Jawa Barat. Namun sayang, hari itu, syuting Anak Jalanan ditiadakan.

Sebagai gantinya, Ammar sedang syuting sinetron terbarunya yang tayang pada awal 2017. Nyata pun gagal melihat langsung Ammar syuting Anak Jalanan. Ketika rehat sejenak, Ammar tetap antusias menceritakan mengenai perannya di Anak Jalanan. Banyak yang mengatakan jika Stefan William digantikan oleh Ammar Zoni. Anggapan tersebut ada benamya karena kepopuleran Ammar tak kalah dari Stefan. Ketika ditanya mengenai hal itu, Ammar justru menolak jika dirinya menggantikan Stefan William. "Banyak yang bilang Ammar Zoni gantiin Stefan William. Kalau menurut saya sih bukan menggantikan, hanya menambahkan wama yang sudah ada," ujar cowok asal Depok, Jawa Barat tersebut.

Ditawari

Secara tokoh memang berbeda. Karakter Ammar berseberangan dengan Stefan. Dan sejak awal, imej Stefan me­mang melekat erat dengan Anak Jalanan.

Stefan telah terlibat dalam sinetron ini sejak episode awal. Karena itu, penonton setia Anak Jalanan tak akan mudah untuk melupakan Stefan dan si Boy. "Boy tidak akan bisa tergantikan. Karakter Boy sangat kuat dan menginspirasi anak muda. Bergabungnya saya hanya memberikan wama atau menambah warna Anak Jalanan," jelas Ammar.

Diakui Ammar, semua serba tiba-tiba. Sekitar dua bulan lalu, ia ditawari main di Anak Jalanan. Karena sudah cukup familiar dengan sinetron tersebut, Ammar menerimanya.

"Saya baca skenario sehari sebelum syuting. Saya baca karakternya, seperti apa Rocky. Akhirnya, ya sudah saya syut­ing," kata Ammar sambil tertawa.

Ammar terkesima dengan karakter Rocky. Bandel, tegas, namun sebenar-nya berhati baik.

"Dia lebih independent Sifatnya lebih ke talk less do more. Dia orangnya to the point," papar Ammar.

Ammar sendiri tak mengetahui mengapa pihak SinemaArt memilih dirinya memerankan tokoh Rocky, la sendiri tak pernah bertanya mengenai hal itu. Na­mun, ia menduga jika semua itu ada hubungannya dengan hengkangnya Ste­fan VVilliam dari Anak Jalanan.

Ammar mengaku tak merasa kesulitan adaptasi dengan para pemain Anak Jalanan "Kebetulan pemain-nya teman-teman saya juga," ujar Ammar. Sinetron Anak Jalanan juga identik dengan motor. Hampir semua pemainnya dituntut k dapat mengendarai motor. Ammar pun mendapat jatah mengendari motor gede berjenis Harley Davidson. Ammar tak mengalami masalah. Sejak dahulu, Ammar memang terbiasa mengendarai motor. Entah itu motor kecil maupun motor gede. Sepintas, semuanya memang berjalan mulus. Namun tetap saja, menjadi pemain baru dalam sinetron yang telah cukup lama menjadi favorit membawa beban tersendiri bagi Ammar.

"Kalau ngomongin itu, semua pasti ada bebannya. Ada resikonya. Ada pro dan kontra juga. Yang penting saya berusaha semaksimal dan memberikan yang terbaik," ujarnya.

"Awal-awal mungkin mereka semua sempat ragu. Ada karakter baru di Anak Jalanan. Tapi lambat laun karena saya bikin adegan menarik, semua kebawa baper," tambahnya.

Salah satu tugas berat Ammar adalah memberikan warna baru dalam sinetron Anak Jalanan. Ammar berharap jika tokoh Rocky yang dimainkannya perlahan-lahan akan menghapus kesedihan para penonton setia Anak Jalanan setelah ditinggalkan Boy.

Lestarikan

Berbicara mengenai Ammar tak akan lepas dari seni bela diri pencak silat yang digelutinya. Seperti diketahui, Ammar termasuk salah satu aktor yang setia melestarikan budaya warisan le-luhur tersebut.

Ammar sempat beberapa kali memenangkan kompetisi silat. Perannya di sinetron 7 Manusia Harimau pun identik dengan silat. Kini, Ammar menggunakan keahliannya tersebut di Anak Jalanan. Rocky digambarkan sebagai tokoh yang jago silat.

Ammar mengusulkan agar tokoh Rocky menggunakan koreo pencak silat dalam berkelahi. Usul Ammar disetujui pihak SinemaArt. Betapa senangnya Ammar. Karena selama ini ia memang mempunyai misi untuk terus melestarikan silat melalui peran-perannya. Beberapa koreo, ia ciptakan sendiri.

"Alhamdullilah kesampaian. Karena memang itu tujuan saya. Keinginan sa­ya," katanya.

 

(NYATA, Edisi 2374, I Januari 2017)