Nabil Lunggana : Tak terpengaruh nama besar orang tua

Sinetron Gali Lobang Tutup Lobang (GLTL) menduduki lima besar top rating di Indonesia. Di tengah akting memikat dua bintang utamanya, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono, ada sosok yang menyita perhatian pemirsa, dialah Nabil Lunggana. Pemeran Reza tersebut ternyata putra politikus H. Lulung Lunggana.

Di sinetron GLTL, Nabil Lunggana menjadi anak Dude Harlino dan Alyssa Soebandono. Sinetron berbalut komedi Betawi ini mampu mencuri perhatian. Tak heran sinetron ini bercokol di lima besar top rating sinetron Indonesia.

Nabil yang masih duduk di kelas 3 SD At Taubah, Pulomas, Jakarta Timur ini ternyata putra sulung pasangan politikus PPP H. Lulung dan Hj. Erika Deby. Selama ini jati diri Nabil sempat ditutupi.Namun saat ditemui di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta Pusat, ia ditemani kedua orang tuanya. "Kemarin-kemarin kan jadwal saya sangat padat. Sekarang sudah longgar, kondisi politik juga kondusif, jadi bisa nemani Nabil," kata H. Lulung.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta ini mengatakan, Nabil sejak kecil sudah menunjukkan bakat aktingnya. Nabil awalnya memiliki kegemaran di bidang modeling dan kerap membawa pulang piala sebagai juara dalam lomba fashion show.

"Dia gemar nonton sinetron dan film. Oleh maminya akhirnya dipromosikan, alhamdulillah hasilnya di beberapa sinetron, iklan, dan film, Nabil dipercaya ikut main," jelas H. Lulung.

Sejak Usia Lima Tahun

Nabil mulai meniti kariernya di usia lima tahun. Belajar di sanggar akting jadi awal Nabil menerjuni dunia seni peran. Bakatnya di dunia akting ternyata mulai tersalurkan dengan baik, Nabil beberapa kali terlibat dalam produksi sinetron, antara lain Cinta yang Tertukar, Super Dede 2, Indah Kasih Bunda, dan banyak lagi.

Kepiawaian berakting Nabil juga mengantarkannya membintangi beberapa film layar lebar. Sebut saja The Doll, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1, Mereka yang Tak Terlihat, dan Surat Kecil untuk Tuhan.

Saat diminta terlibat dalam pembuatan sinetron GLTL, ibundanya, Hj. Erika Deby sempat kaget. "Enggak nyangka aja, Nabil jadi pemeran utama anak-anak," katanya.

Selama ini sang ibu selalu menemani Nabil di lokasi syuting. la juga ikut memberi masukan pada putranya itu. "Nabil tetap baca naskah. Saya kadang kasih contoh ekspresinya seperti apa yang pas buat dia," jelasnya.

Deby selalu berkonsultasi dengan H. Lulung saat menerima tawaran syuting. Setidaknya ada beberapa alasan Nabil diizinkan menerima tawaran akting. "Sekolah Nabil enggak terganggu, itu yang utama. Soal honor, itu menyesuaikan saja, haha," ujarnya.

Berkah berakting di GLTL, Nabil semakin banyak dikenal. la bahkan sudah memiliki fansbase, Nabil Lovers Club.

 

(Cek & Ricek, Edisi 988, 2-8 Agustus 2017)