Samudra Cinta

Sinopsis

 

Di dalam rumah sederhana, Rusdi bersama istrinya Novi, dan ketiga anak mereka : Andra (6 tahun), Novan (4 tahun), dan Vina (2 tahun) sedang berada bercengkerama di ruang tamu sambil menonton televisi.  Novi dan anak anaknya tampak bahagia, namun tidak demikian dengan Rusdi. Terlihat jelas bahwa Rudi sangat tertekan dengan sikap dan cara bicara istrinya yang diktator dan selalu mau keinginannya diikuti.  Karena Vina tidak bisa tidur, Novi pun meminta Rusdi agar mematikan tv. Saat itulah, mereka baru mendengar suara tangisan bayi yang asalnya seperti dari depan rumah.  Rusdi dan Novi yang penasaran pun akhirnya meletakkan Vina di box bayinya dan melangkah keluar hendak mengecek bayi itu.

Novi dan Rusdi mengecek ke depan dan sangat kaget mendapati ada seorang bayi yang ditinggalkan di depan rumah mereka. Apalagi tatkala Novi menemukan sepucuk surat yang diletakkan di atas selimut bayi itu dan membacanya.  Surat itu berisi permohonan agar Rusdi mau merawat darah dagingnya itu, yang diberi nama Cinta, Karena Lila tidak bisa membesarkannya. Novi pun langsung mengamuk dan mencecar Rusdi tentang siapa Lila.  Rusdi shock, dan teringat masa kurang lebih setahun yang lalu, saat dia sedang stress karena habis dipecat pekerjaan dan bertengkar dengan Novi yang selalu menyalahkan dia dan mengatakan dia gak becus. Untuk menghibur dirinya, Rusdi pergi ke tempat pelacuran dan khilaftidur dengan salah satu PSK disana. Rusdi masih ingat betul nama perempuan itu adalah Lila. Sementara Lila ingat Rusdilah ayah dari bayi itu, karena pada saat itu, Lila sempat sakit tapi dipaksa melayani Rusdi oleh mucikarinya. Setelah itu Lila sempat drop dan sempat tidak melayani tamu dulu. (kalau menurut kita, akan lebih miris dan ngenes untuk Cinta kalau ibu kandungnya adalah seorang PSK. Akan ngaruh ke hubungannya dengan Samudra juga, dan pukulan mental bagi Cinta juga). Rusdi mengakui semuanya dan mereka pun bertengkar hebat.  Novi tidak sudi merawat bayi itu, namun Rusdi memohon sampai berlutut, hingga akhirnya Novi, biarpun sambil menahan geram, terpaksa setuju merawat bayi itu, karena Novi tak sanggup juga membayangkan dirinya jadi janda yang harus membesarkan tiga anak tanpa kehadiran suami di sampingnya – walau Novi terus menganggap Rusdi bukanlah suami yang becus. Bayi itu pun diberi nama Cinta, seperti harapan Lila, agar kelak dia bisa memiliki kehidupan yang penuh cinta walaupun dia hanyalah anak seorang pelacur.

Namun ternyata, harapan itu sia-sia… Karena tak pernah sedetikpun, Cinta merasakan cinta…  Sejak kecil, CINTA bingung mengapa dia mendapatkan perlakuan yang berbeda dari ibunya, Novi. Novi seperti sangat membenci CINTA dan menganaktirikan CINTA, dibandingkan dengan ke kedua kakak lelaki CINTA, Andra (anak pertama)  dan Novan (anak kedua), bahkan dibandingkan dengan kakak perempuan Cinta (anak ketiga), Vina. Bila Andra, Novan, dan Vina disediakan makan ayam paha dan dada, CINTA hanya selalu kebagian ceker. CINTA pun tak kebagian kamar sehingga harus tidur di gudang. CINTAtak tau, ibunya memperlakukan dia seperti itu, sebenarnya karena  dia hanyalah hasil kekhilafan sang ayahdengan seorang wanita penghibur. selama ini sikap Rusdi sangat pasrah dan takut pada istri, karena Rusdi selalu dibayangi kesalahannya dulu. Rusdi sebenarnya sayang sama cinta dan diam diam sering memperhatikan cinta. tapi kalo istrinya marah2 rusdi hanya diam aja dan ga banyak bicara. Cinta sedih melihat Ayahnya ditekan oleh Ibunya dan tidak pernah berani melawan. Terlebih karena keluarga mereka bergantung pada toko kelontong Novi karena Rusdi tak kunjung mendapat pekerjaan paska dipecat.

Waktu berlalu…

Cinta kini telah kuliah di kampus yang sama dengan Vina. Tapi karena Novi tak mau biayai kuliah Cinta, Cinta kuliah dengan beasiswa dan harus kerja serabutan karena Novi juga sudah tak mau nanggung biaya hidupnya lagi, dengan alasan uang sudah habis untuk biayai kakak kakaknya. Bahkan di rumah pun, Cinta tak dikasih kamar karena kamar Andra dan gudang yang menjadi kamar Cinta sebelumnya disewakan untuk menambah biaya, dan Vina sama sekali gak mau berbagi kamar dengan Cinta. Cinta juga pintar membuat snack seperti kerupuk pedas dan kue lainnya, dan dia sambil berjualan online juga untuk biaya kuliah dan kebutuhan sehari harinya.

Sementara itu, Andra sudah lulus kuliah dari luar negeri. Dan sudah menikah dengan gadis pilihannya, Nita. Andra pun sudah mendapatkan pekerjaan walau baru merintis karir. Adra dan Nita mengontrak rumah sederhana. Di depan Andra, Cinta berusaha menutupi kesusahan dirinya karena tak ingin Andra direpotkan dengan urusannya dan karena Novi mewanti-wanti Cinta jangan sampai bikin repot!

Sementara itu, walau mendapatkan segalanya dari ibunya, Vina tetaplah selalu iri pada Cinta yang memang lebih cantik dan pintar dari dirinya. Di kampus, Vina juga selalu menekan Cinta.

 

Berbeda dengan Cinta yang hidup sederhana, Vina sangatlah hedon, tak peduli kalau sekarang ini keuangan keluarga mereka sangat pas-pasan. Meski demikian, Novi tetap mendukung Vina karena beranggapan kalau Vina berada di pergaulan hedon, Vina bisa mendapatkan lelaki kaya. 

Suatu hari saat sedang terburu buru ke tempat kerja lepasnya, Cinta malah tak sengaja nyaris ditabrak sebuah motor yang ngebut. Motor itu ternyata dikemudikan oleh SAMUDRA yang tengah terburu buru. Samudra yang terburu buru hanya sempat minta maaf tanpa peduli Cinta yang terjatuh dan jadi kena comberan. Hal itu membuat Cinta sangat kesal. Beruntung saat itu datang Ariel, idola kampus yang kaya raya, yang menolong Cinta. Ariel memang sudah menyukai Cinta. Cinta sebenrnya juga menyukai Ariel tapi berusaha menahan perasaannya karena tak mau memikirkan cinta.

Cinta tak tau, Samudra ngebut karena mendapat kabar kalau ibunya kumat di rumah. Samudra sangat sedih saat dokter mengatakan kalau Dinda harus mendapatkan berbagai pengobatan. Samudra sangat bingung bagaimana caranya dia bisa mendapatkan biaya. Tapi tetangga Samudra, memberi tau Samudra bahwa sebenarnya ayah Samudra, Pram Gunawan, kaya raya, tapi sudah pisah dengan ibunya sejak Samudra kecil. Dinda yang tau kalau Samudra sudah tau soal ayahnya, tetap melarang Pram bertemu dengan ayahnya untuk minta bantuan. Dinda sudah sangat sakit hati pada ayah Samudra, karena bgitu melahirkan Samudra, Dinda tau kalau sebenarnya ada wanta lain yang masih sangat Pram cintai dan Pram terang-terangan tak bisa melupakan perempuan itu. Sampai akhirnya Dinda memilih meninggalkan Pram dengan membawa Samudra yang saat itu masih kecil. Samudra janji pada Dinda, dia akan kerja keras cari uang untuk membiayai Dinda sendiri.

Setelah selesai urus ibuya, Samudra kembali ke tempat di mana dia tak sengaja menabrak Cinta tadi karena merasa bersalah. Tapi tentu saja, Cinta sudah gak ada. Samudra malah melihat Vina yang saat itu tengah mau dirampok/diganggu preman karena penampilan hedonnya. Samudra menolong Vina. Dan Vina detik itu juga langsung jatuh hati pada Samudra. Tapi Vina ogah kenalan karena liat penampilan Samudra yang berantakan dan motor Samudra yang butut.

Vina sering ikut teman-temannya hangout di kafe. DI sanalah, Vina kembali bertemu dengan SAMUDRA. Ternyata Samudra menjadi penyanyi kafe di sana, yang cukup banyak penggemarnya (kalau bisa pake lagu-lagu Gio). Vina malah makin terpesona pada Samudra yang tampak sangat keren dan digandrungi,  dan tak bisa menahan perasaannya pada Samudra. Walau Vina berusaha menahan karena gak mau punya cowo miskin, perasaa Vina ke Samudra semakin kuat. Demikian pun Samudra juga menyukai Vina. Samudra dan Vina makin dekat, walau Vina ga mau kenalin Samudra ke keluarganya karena malu Samudra itu miskin.

Sementara itu, pertemuan Cinta dan Samudra berikutnya juga kembali diwarnai dengan pertengkaran. Cinta sempat mengira Samudra mau mencuri barang-barnag yang mau Cinta dagangkan saat Cinta bekerja sebagai sales promotion girl. Padahal ternyata, Samudra juga bekerja lepas sebagai jasa pengantar stok barang-barang itu. Cinta yang ga enak udah salah tuduh minta maaf. Tapi keduanya tetap sewot-sewotan. Samudra tak tau kalau Cinta adalah adik Vina, begitupun sebaliknya.

Di sisi lain, Ariel dan Cinta semakin dekat. Ariel jadi sering mengantar Cinta pulang dan ke kampus. Akhirnya, Cinta pun mau menerima Ariel jadi pacarnya. Vina yang melihat hal itu jadi tak rela. Karena Cinta berhasil mendapatkan Ariel, sementara dia bersama Samudra yang miskin. Vina bukannya mencintai Ariel, tapi dia cuma ga rela kalau Cinta mendapatkan yang jauh lebih baik dari dirinya. Hal itu membuat Vina makin membully Cinta.

Vina yang gak mau kalah dari Cinta akhirnya mulai mendekati Ariel dan menjauhi Samudra. Terlebih Vina makin ilfil saat melihat Dinda yang sakit sakitan dan ogah urusin. Samudra merasa bingung dan sedih kenapa Vina menjauh dari dirinya.

Suatu hari, Cinta mendapatkan pekerjaan sebagai sales promotion girl mobil balap yang harus berpakaian agak seksi. Vina yang tau hal itu malah memanfaatkan untuk memfitnah Cinta di depan Ariel kalau Cinta adalah perempuan murahan. Vina juga membuka kenyataan kepada Ariel kalau Cinta itu hanyalah anak seorang pelacur! Ariel yang tau hal itu kaget. Ariel pun jadi memutuskan hubungan dengan Cinta dan menjauhi Cinta dan Vina memanfatkan hal itu untuk merebut Ariel.

Samudra sendiri akhirnya tau kalau Vina meninggalkan dia demi Ariel yang kaya raya. Vina pun menegaskan kalau dia bisa membayangkan masa depan bersama Samudra karena Samudra hanya seorang penyanyi kafe yang kerja serabutan. Samudra sangat patah hati.

Novan malah salah paham juga kalau Cinta yang selama ini sering pulang malam kerja gak halal. Novan memberi tau hal itu pada Novi. Novi sangat murka dan langsung mengusir Cinta dari rumah tanpa mau mendengarkan penjelasan Cinta. Cinta sangat sakit hati dituduh sepert itu. Terlebih sebenarnya saat itu dia bekerja untuk membeli obat untuk Rusdi yang sakit. Tapi lagi lagi Rusdi tak berdaya membelanya.

 

Cinta pun akhirnya pergi dari rumah. Vina yang betul-betul mau menyingkirkan Cinta dari dekat Ariel, akhirnya juga berhasil membuat pihak kampus mengira Cinta memang menjadi perempuan murahan, sampai akhirnya Cinta kehilangan beasiswanya.

Cinta jadi makin terpuruk. Dia tinggal di kontrakan yanng sangat kumuh dan sama sekali tak punya keluarga yang peduli. Andra sebenarnya masih peduli dan berusaha mencari dan mendatangi Cinta. Tapi Cinta yang sudah kadung sakit hati pada ibu, ayah dan kakak kakak yang lain akhirnya bilang pada Andra bahwa dia bisa hdiup sendiri dan Andra tak perlu kuatir.

Ternyata, kontrakan kumuh Cinta itu, bertetangga dengan kontrakan yang ditempati oleh Samudra dan ibunya. Walau terus sering bertengkar, tapi hubungan Samudra dan Cinta jadi dekat, karena ternyata Dinda sangat baik pada Cinta, sehingga Cinta seperti merasakan kasih sayang seorang ibu yang tak pernah dia miliki. Samudra pun jadi terkesan pada Cinta, dan sering penasaran kenapa mata Cinta seperti menyimpan kesedihan. Tapi Cinta masih belum mau cerita soal keluarganya.

Vina sendiri akhirnya malah berhasil membuat Ariel tidur bersamanya. Sampai akhirnya Vina hamil! ariel akhirnya mau menikahi Vina, dan Vina sangat senang karena bisa mendapatkan lelaki kaya.

Samudra yang tau kalau Vina akan menikah dengan Ariel makin terpukul dan bertekad akan jadi lebih sukses dari Ariel. Begitupun Cinta juga sangat sedih dan sakit hati karena Ariel malah menikah dengan kakaknya. Tapi Samudra dan Cinta tetap tak tau kaitan mereka dengan masing-masing.

Samudra dan Cinta malah akhirna jadi saling meghibur walau hubungan mereka tetap diwarnai dengan pertengkaran-pertengkaran, dan tetap tanpa saling tau kalau satu sama lain berhubungan dengan Vina dan Ariel.

Samudra perlahan mulai jatuh cinta pada Cinta karena melihat ketegaran Cinta dan juga melihat sebenarnya Cinta adalah gadis yang tulus. Meski demikian, Samudra yang patah hati pada Vina, belum mau untuk memikirkan Cinta.

Walau berat, Cinta terus berjuang dengan hidupnya. Sampai akhirnya Cinta pun bertemu dengan Pram, seorang pengusaha paruh baya yang terkesan dengan CINTA saat menawarkan snack-snack buatannya kepadanya.Pram yang terkesan pada kegigihan CINTA akhirnya membuat Cinta tersadar kalau Cinta mau berhasil, jangan hanya melulu jualan snack. Cinta jadi terpacu. Cinta tak tau kalau Pram itu adlaah ayah kandung Samudra.

Cinta akhirnya berusaha melamar pekerjaan. Sampai akhirnya Cinta diterima bekerja di sebuah perusahaan sebagai seorang office girl. Cinta tak tau dia bekerja di perusahaan Pram.

Sementara Samudra, yang menyimpan dendam pada ayahnya, mulai mencari tau soal Pram. Saat tau Cinta bekerja di kantor Pram, Samudra malah jadi cari cari alasan untuk sering mengantar Cinta kerja ke kantor Pram itu. cinta yang mengira Samudra juga ingin kerja narik ojek untuk membiayai ibunhya, akhirnya malah menjadikan Samudra ojek langgaanya.

Walau bekerja jadi OG, Cinta juga bercita cita untuk meneruskan kuliahnya. Karena dia ingin jadi orang yang berhasil. Cinta berusaha mengumpulkan uang untuk bisa kuliah walau di universitas terbuka. Cinta sering kali ambil lembur. Sampai akhrinya Cinta bertemu Pram di kantor itu. Cinta sangat kaget saat tau Pram adalah pemilik perusahaan itu dan merasa malu karena dia dulu ngotot nawarin kerupuk buatannya untuk Pram. Pram malah tambah terkesan pada kegigihan Cinta.

Karena sering bertemu, Pram pun perlahan mulai menaruh hati pada Cinta, apalagi dia merasa Cinta sangat mirip dengan cinta masa lalunya yang ternyata adalah Lila (tanpa Pram tahu bahwa Cinta sebenarnya memang adalah putri Lila dari Rusdi).  Namun Cinta hanya menganggap Pram sebagai Ayahnya, dan tak tau perasaan Pram kepadanya.

Semntara itu, Vina tak bahagia dengan Ariel karena tau Ariel masih sangat mencintai Cinta. Vina sendiri sebenarnya juga tak bahagia karena ternyata di dalam hatinya dia sangat mencintai Samudra.Vina juga merasa kesepian karena Ariel lebih sering sibuk hang out dengan teman temannya. Sampai akhirnya, Vina malah keguguran! Tapi Vina malah lega karena tak harus jadi ibu di usia muda. Sementara itu Ariel sempat berpikir untuk menceraikan Vina, toh sudah tidak ada anak. tapi keluarga Ariel menentang keras perceraian karena hanya bikin malu keluarga. Ariel akhrinhya terpaksa tetap bertahan dengan Vina. Tapi Ariel makin tak memperhatikan Vina.

Vina akhrnya berusaha mencari Samudra kembali dan bertemu dengan Samudra saat Vina mendatanginya ketika Samudra menyanyi di sebuah kafe. Vina berusaha mendekati Samudra. Tapi ternyata hati Samudra sudah betul betul tertutup untuk Vina. Terlebih karena dalam hatinya kini Samudra sudah mencintai Cinta. vina sangat kesal.

Vina lebih kesal lagi saat tau kalau Samudra dan Cinta kini sudah dekat. Vina berusaha mencecar Cinta dan malah membongkar aib Cinta ke Samudra kalau Cinta ini hanyalah anak dari perempuan murahan yang udah selingkuh dengan ayah Vina. Jadi Cinta itu ada bibit seorang PSK! Samudra sangat kaget saat tau Cinta adalah adik tiri Vina. Samudra juga jadi tau kenapa mata Cinta selalu menyimpan kesedihan. Tapi Samudra malah akuin Cinta adalah pacarnya di depan Vina dan makin membuat Vina berang.

Cinta sangat kaget saat tau bahwa ternyata selama ini dia hanyalah anak haram rusdi dengan seorang pelacur. Cinta sangat sedih. tapi samudra bangkitin semangat Cinta. Kita tidak bisa memilih orang tua kita. Masih untung ayah Cinta mau menerima Cinta dan merawat Cinta. Samudra teringat pada ayahnya yang tak mau memikirkan dia dan ibunya. Samudra tak tau bahwa wanita yang masih sangat Pram cintai adalah Lila yang tak lain adalah ibu kandung Cinta.

Tau bahwa Samudra tetap memilih Cinta, Vina tak berhenti membuat hidup Cinta kacau. Vina menyebar info di kantor Vina kalau Vina itu anak seorang pelacur. Vina jadi dibully di kantor. tapi ternyata, Pram selalu membela Cinta. terlebih Cinta menunjukka performa kerja yang baik walau hanya sebagai office girl. Pram juga melihat Cinta adalah gadis yang pintar. Hal itu menimbulkan rasa iri di kantor dan jadi tersebar selentingan bahwa Cinta adlah simpanan Pram! Pram makin terkeesan pada cinta saat cinta akhirya juga malah berhasil mendapatkan beassiswa dan terus bekerja sambil melamjutkan kuliahnya kembali.

Samudra sendiri yang terus berusaha cari tau soal Pram, malah dengar kabar kalau Pram kini memiliki simpanan tanpa tau kalau yang dimaksud adalah Cinta. Samudra jadi makin benci pada Pram dan berniat untuk membalas penderitaan ibunya.

Sementara itu, Ariel akhirnya juga kembali bertemu dengan Cinta dan tetap berusaha mengejar Cinta. Samudra dan Ariel sampai terlibat bentrok tapi malah memnbuat Ariel semakin penasaran untuk merebut Cinta kembali.

Vina yang tau hal itu makin berang dan makin nekat untuk mempersulit hidup Cinta agar Samudra mau meninggalkan Cinta. Vina pun menyuruh orng untuk menculik Cinta. Bahkan dengan tega menyuruh orang itu untuk menjebak Cinta ke komplek pelacuran saat Cinta pingsan. Untunglah saat itu, Lila yang masih tinggal di komplek pelacuran itu menolong Cinta dan berhasil membawa kabur Cinta.

Cinta sangat kaget saat tau apa yang terjadi dan lega saat tau Lila menolongnya. Mereka saling berkenalan tanpa tau kalau mereka adalah ibu dan anak.

Lila sendiri miris melihat nasib Cinta dan bersyukur dia bisa menyelamatkan Cinta. dia tak ingin ada seorang gadis muda yang mengalami nasib seperti dirinya. Lila dulunya adalah seorang gadis miskin baik baik yang jatuh cinta pada pria kaya raya yang tak lain adalah Pram. Pram ingin menikahi Lila, apapun risikonya. Tapi keluarga Pram menentang keras. Karna tak bisa dipisahkan, suatu malam, Lila diculik dan dibius, lalu dijebak dan dimasukkan ke komplek pelacuran, sampai Lila ternoda di sana dan terpaksa harus jadi pelacur karena terlibat hutang dan ibunya juga diancam. Kejadian ini terjadi sebelum Lila akhirna sempat menghabiskan malam bersama rudi dan hamil cinta.

Tapi lalu Lila sendiri sangat kaget saat mendengar nama Cinta adalah Cinta. Lila jadi teirngat pada putrinya dulu yang dia titipkan ke Rusdi. Lila berusaha cari tau, tapi Novi yang tak ingin Lila dan Cinta bersatu karena dendamya, malah mengatakan anak Lila sudah meninggal dan Rusdi pun terpaksa mengatakan hal yang sama karena takut dan tunduk pada Novi. Lila sangat sedih.

Saat mendengar selentingan bahwa kini Pram dekat dengan perempuan yang jauh lebih muda (yang dimaksud disini adalah Cinta), Dinda sangat geram dan berusaha menyelidiki soal itu.  Hingga suatu ketika, Gara gara mengejar/hendak menyelidiki siapa perempuan yang dekat dengan Pram itu, Dinda jadi kecelakaan dan meninggal.  Samudra yang sangat hancur akan kematian Ibunya jadi sangat dendam perempuan yang dia anggap sebagai perempuan simpanan Ayahnya itu. Bahkan Samudra bersumpah suatu hari akan menghancurkan perempuan itu. Tanpa Samudra tau kalau perempuan itu adalah Cinta.

Sampai akhirnya, Vina juga tau kalau ternyata Pram dekat dengan Cinta dan terdengar kabar bahwa Cinta adalah simpanan Pram! Vina membuka hal itu pada Samudra. Samudra sangat kaget.

 

Samudra juga melihat bukti yang menunjukkan bahwa Cinta sempat bermalam di rumah Pram. Padahal saat itu, Pram sebenarnya menolong Cinta yang tengah mau dicelakai oleh orang suruhan Vina.

Samudra jadi hancur. karena merasa Cinta telah menipunya. Terlebih Samudra tau selama ini Cinta sangat ingin jadi wanita yang berhasil. Samudra akhirnya memilih pergi meninggalkan Cinta, terlebih saat ini ibunya sudah gak ada.

Samudra akhirnya memutuskan untuk mengambl pekerjaan di luar negeri yang bergaji lumayan besar (berlayar).

Sementara Cinta sangat sedih karena Samudra tiba tiba menghilang, padahal dia sudah mulai mencintai Samudra. Haal itu juga membuat Cinta sebagai orang yang workaholic karena dia merasa dirinya sudah tak memiliki keluarga dan tak memiliki cinta.

Bagaimanakah kelanjutan kisahnya ?


Cast n Crew

 

HAICO VAN DER VEKEN             

RANGGA AZOF                         

MISCHA CHANDRAWINATA                  

ANGELA GILSHA                       

DUDE HARLINO                         

ALYSSA SOEBANDONO              

EVA ANINDITHA                       

BEN KASYAFANI                       

ADAM JORDAN                          

INE DEWI                                  

MERIAM BELLINA                      

ANWAR FUADY                         

DEBBY CHYNTIA DEWI    


Production Stils

 

Sutradara                            :        Gita Djun

Produser                             :        Leo Sutanto

Cerita           & Skenario    :        Serena Luna

Produksi                             :        SinemArt

 

Judul Lagu        : Bintang di Hati

Penyanyi           : Melly Goeslaw

Ciptaan             : Melly Goeslaw

Produksi           : 100% Production

Publishing         : Aquarius Pustaka Musik