Dude Harlino : Harapan Khusus untuk Buah Hati

Bukan pintar berakting di depan kamera yang jadi harapan Dude Harlino bagi buah hatinya. Tapi justru hal lain. Apa itu?

ADA banyak harapan yang dititipkan pasangan Dude Harlino - Alyssa Soebandono pada anaknya Muham­mad Dirgantara Ariendra Harlino. Salah satunya, agar kelak menjadi seorang penghafal Alquran atau hafidz. Untuk itu, sedari kecil Dude mulai memperdengarkan kalam llahi untuk putranya. Sehingga ketika dewasa nanti, rasa cintanya pada Alquran sangat besar. "Sekarang kalau digendong sambil dingajiin, biar terbiasa," ujar pria asal Sumatera Barat tersebut.

Diungkapkan Dude, setiap dibacakan ayat Alquran, anaknya selalu tenang. Kalaupun menangis, setelah di­ngajiin pasti anaknya lebih cepat diam. "Mungkin kerasa adem," kata Dude. Tidak hanya itu, Dude juga rajin bertanya dan diskusi kepada ustad tentang bagaimana mendidik anak yang mencintai Alquran. Sehingga ketika dewasa kelak, tidak terasa berat untuk mem-baca kitab suci tersebut. "Saya dan Icha tidak ingin salah didik nantinya. Apalagi kita kan baru menjadi orang-tua," tutur bintang film Dalam Mihrab Cinta itu. Menurut Dude, saat ini anaknya sedang lucu-lucunya. Wajahnya sudah mulai berubah. Bahkan banyak yang mengatakan wajah Riendra (begitu Dude menyebut pu­tranya) mirip dirinya ketika kecil. "Kalau waktu lahir masih sama kayak bayi lain, dan kulit-nya merah. Sekarang kulitnya sudah mulai putih. Senang banget deh," ujarnya.

Itulah yang membuat Dude enggan terlalu lama meninggalkan rumah. "Ka­lau selesai kerja maunya langsung pulang supaya bisa ketemu anak. Apalagi istriku kan sudah komitmen untuk ASI eksklusif. Jadi, sebagai suami, aku mendukung dengan ikut menjaga," tutur pria yang meraih penghargaan Pana­sonic Award sebanyak empat kali itu.

Sebagai ayah, apakah Dude sering ikut begadang ketika Riendra terjaga? "Ya kalau begadang sudah pasti. Tapi karena sering begadang untuk syuting, jadi sudah biasa. Nggak repot, malah rasa sangat bahagianya," jelasnya.

Dude bersyukur anaknya termasuk anteng. Dia tidak terlalu suka bangun di malam hari. Kalaupun terbangun, paling hanya haus dan ngompol.

Ditemani Alyssa, Dude tak segan menggantikan popok dan memandikan si kecil. Hal itu dia pelajari dari orangtua dan bidan yang kebetulan dipanggil ke rumah. "Awalnya memang takut, lean anakku masih kecil banget. Tapi aku dan Icha sudah komitmen merawat Riendra bersama," ujar Dude.

Dari kebersamaan itu pula Dude dapat banyak pelajaran hidup. Salah satunya lebih menghormati dan menyayangi orangtua. "Saya jadi lebih menghargai lagi keberadaan kedua orangtua saya. Dan, tidak salah bila cinta orangtua sama dengan cinta Tuhan kepada hambanya," ujanya. 

 

(NYATA, Edisi 2280, III Maret 2015)