Ochi Rosdiana : Bandul Kura-kura Dari Mama

Pesinetron Ochi Rosdiana rayakan ulangtahun ke-17. Bagaimana Ochi memaknai usia 17?

Raut kegembiraan jelas terpancar dari wajah Ochi Rosdiana yang pada Minggu (24/1) lalu genap 17 tahun. Tepat di hari kelahiran-nya itu, pemain sinetron 7 Manusia Harimau tersebut menggelar pesta meriah di sebuah hotel di daerah Cibubur.

"Alhamdulillah, kemarin masih diberi kesehatan, rezeki dan bisa disatukan dengan keluarga, sahabat dan teman-teman sekolah," ucap Ochi usai menjadi bintang tamu acara Rumpi, Trans TV, belum lama ini.

Ochi merayakan ulangtahun-nya penuh kejutan. Ryan Septyandi Ismail, kekasihnya tiba-tiba da-tang di tengah acara. Sebelumnya Ochi sempat merasa kecewa, karena pemeran Resta dalam 7 Manusia Harimau itu tengah berada di Batam. "Ryan itu bilangnya sedang di Batam dan memang di sana sebelum aku tahu dia datang. Pas lagi tengah-tengah acara tiba-tiba muncul gitu," kata Ochi meluapkan kegembiraannya.

Saat ditanya hadiah apa yang diberikan kekasihnya itu, Ochi tak mau menyebutkan. "Apa ya, ada deh, pokoknya surprise banget. Kepo deh," canda Ochi yang menyebut kedatangan Ryan dan teman-temannya menjadi hadiah istimewa di hari ulangtahunnya.

Sedang dari mama, Ochi mendapatkan kado kalung dengan bandul kura-kura. "Mama tau ba­nget aku suka kura-kura. Teman-teman juga kasih kado banyak banget," senang Ochi.

Sejak kecil, Ochi sangat tertarik pada kura-kura."Pernah piara kura-kura, tapi karena nggak bisa cara merawatnya, mati  deh," ucap Ochi dengan nada sedih.

Ochi tertarik kura-kura karena bentuknya yang unik. "Artinya nggak ada sih, tapi aku suka ben­tuknya yang unik. Aku suka dari kecil sampai sekarang," aku Ochi yang juga mengoleksi berbagai pernak pernik kura-kura.

Memaknai ulangtahunnya, Ochi berharap ke depannya bisa mandiri dan lebih dewasa. "Selama ini kayaknya semua bergantung sama mama. Apa-apa selalu mama, ke mana-mana sama ma­ma," aku-nya, tersipu malu.

Kejutan

Pesta yang dirayakan Ochi menandai usianya digelar begitu apik dan mewah. Ochi mengena-kan gaun berwama emas rancangan Asri Welas. Laksana putri kerajaan, Ochi pun tampak cantik mengenakan hiasan bordir di kepalanya.

"Ini memang keinginan Ochi di sweet seventeen-nya. Ochi bilang ke mama ingin merayakan ulang­tahunnya berbeda dari tahun sebelumnya. Apa salahnya, kan ini sekali seumur hidup?" kata Nor­ma (44), mama Ochi yang saat itu tengah menemani putrinya.

Permintaan inilah yang membuat Norma ingin memberikan kejutan dengan menunjuk event organizer. "Tante sengaja pakai jasa EO untuk menyiapkan segala. Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar dan undangan 99 persen datang semua," aku Norma yang menyiapkan acara sejak sebulan yang lalu.

Norma berharap di usia ke-17, Ochi mampu meraih apa yang di-cita-citakan dan sukses di segala hal. "Mami doakan dan berharap, Ochi jauh lebih baik, lebih sukses, menjadi wanita soleha dan berkah rezekinya, amiin," ucap doa Norma untuk putrinya.

Belum lama ini, sinetron 7MH sudah berhenti tayangannya. Ochi dan pemeran lainnya tengah break sambil menunggu episode selanjutnya.

"Sementara nggak syuting aku ngisi waktunya dengan fokus ke pelajaran sekolah, tahun ini kan aku mau ujian kelulusan," aku Ochi yang menimba ilmu dengan homeschooling.

Kesempatan inilah yang di-pakai Ochi untuk fokus pada pelajaran sekolah yang sempat terganggu akibat syuting. Ochi pun menyempatkan perawatan kecantikan yang biasa dilakukan-nya di luar syuting.

"Saat syuting itu kan bener-bener waktunya tersita. Aku nggak sempat perawatan dan fokus belajar. Makanya diberi waktu seperti ini aku gunakan untuk mengejar pelajaran yang tertinggal," tambahnya.

Rencananya setelah lulus di bangku SMA, Ochi akan menunda pendidikannya selama satu ta­hun. Namun Ochi belum memikirkan ke mana dan konsentrasi kuliah apa nantinya.

Ditegur

Ochi memilih homeschooling sejak duduk di kelas 2 SMP. Alasannya, Ochi tak bisa menyesuai-kan waktu sekolah dan syuting.

"Pilih homeschooling karena tak bisa menyesuaikan waktu de­ngan pekerjaan," tambahnya.

Sebelumnya Ochi sempat bersekolah di SMP favorit di kotanya. Namun karena terbentur disiplin, Ochi kerap mendapat teguran.

"Sering ditegur banyak bolos-nya ditambah kalau syuting pulangnya malam gitu aku sukanya ketiduran di kelas," kenangnya seraya tertawa.

Meski belum ada rencana kapan sinetron 7MH dilanjutkan, Ochi tetap menanti tawaran. Bah­kan Ochi terpaksa menolak tawar­an beberapa film karena alasan tengah menunggu panggilan.

"Lagi break, rencananya dalam waktu dekat akan syuting lagi 7MH. Jadi daripada waktunya bentrok, lebih baik aku tolak secara halus," ungkap Ochi yang enggan menyebutkan judul filmnya.

Berhentinya tayangan 7MH rupanya membuat para penggemar kecewa. Sebagai obat penawar rindu itulah, Ochi dan teman-te­mannya di 7MH tetap berkomunikasi di media sosial.

(NYATA, Edisi 2326, I Februari 2016)